Sehubung akan dilaksanakan proses seleksi dokter kecil (dokcil) di Kota Depok, para kandidat yang akan mengikuti seleksi diharapkan paham mengenai pengetahuan dasar bidang kedokteran. Mengingat, ketika proses seleksi ada beberapa tes keterampilan yang harus dikuasai.

Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat IDI Kota Depok, Sulaeman Iskandar, mengatakan bahwa pemilihan yang akan diselenggarakan pada akhir April mendatang untuk tingkat Kota Depok akan ada beberapa tahap yang harus dilalui. Proses tersebut meliputi tes tertulis, tes mengarang, tes keterampilan dasar, serta wawancara.

“Demi menghasilkan dokcil yang berkompeten, kandidatnya diharapkan menguasai berbagai bidang yang berkaitan dengan ilmu kedokteran,” tambahnya.

Pada dasarnya, sebelum mengikuti kompetisi tingkat kota, para calon dokcil mengikuti seleksi tingkat kecamatan. Dengan begitu, seluruh komponen harus benar-benar dipahami. Pengetahuan yang wajib dimengerti antara lain bidang keahlian kesehatan lingkungan, kebersihan perorangan, kesehatan pribadi, kesehatan gigi dan mulut, pertolongan pertama pada kecelakaan, pengenalan dan pencegahan penyakit, imunisasi, kesehatan indera, penanganan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainya (NAPZA), serta penanganan dini resiko bencana.

Sulaeman berharap, Depok dapat benar-benar memperoleh bibit dokcil yang terampil. Sehingga dapat lolos ke tahap berikutnya yaitu tingkat Nasional agar mampu mengharumkan nama baik Kota Depok.

“Besar harapan saya pada tahap seleksi nanti menghasilkan dokcil yang pintar serta pandai mengenai ilmu kesehatan,” tutupnya.

Penulis    : Indri Purnama
Editor     : Manapar Manullang

Bagikan post melalui :