Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok tahun ini memberikan pelayanan langsung terkait pembuatan akte kelahiran. Terhitung sejak Jum’at minggu lalu, pembuatan akte sudah dapat dilaksanakan di setiap kelurahan.

“Ini merupakan kegiatan jemput bola, petugas kami akan datang menghampiri kelurahan untuk melakukan pembuatan akte kelahiran,” jelas Kepala Bidang Pencatatan Sipil Disdukcapil Kota Depok, Cristi.

Cristi menambahkan bahwa, kegiatan pelayanan akte kelahiran ini hanya akan dilakukan pada hari Jum’at saja. Sementara, persyaratan pembuatan akte sama saja, tidak ada yang berubah.

“Proses pembuatan hingga akte jadipun sama sesuai Perda, yakni satu bulan namun, kami akan terus membuat perbaikan agar dapat lebih cepat,” jelasnya.

Program ini, agar Kota Depok tertib administatif kependudukan dan juga mendukung terwujudnya Kota Layak Anak (KLA), di mana akte merupakan salah satu hak anak dalam cluster KLA. Yaitu, anak berhak memiliki identitas dan tercatat secara resmi di pencatatan negara.

Penulis    : Rysko Susan
Editor     : Manapar Manullang

Bagikan post melalui :