Nurul Fokus

KEBERSAMAAN: Pengurus FOKUS bersama Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna (kedua dari kiri) dan Kanit Reskrim Polsek Beji, Iptu Nirwan Pohan (paling kiri) di sela-sela malam kesenian HUT Fokus ke-4. (Foto: Istimewa)

depok.go.id- Peran serta seluruh elemen masyarakat, mulai RT, RW, LPM hingga kelurahan sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga keamanan wilayah. Seperti yang dilakukan warga Kelurahan Kukusan dengan membentuk Forum Komunikasi Masyarakat Kukusan (Fokus). Ketua Fokus, Suryadi Tholib mengatakan, awal mula terbentuk Fokus berasal dari seksi keamanaan LPM Kelurahan Kukusan. Dikatakannya, saat raker LPM muncul program pengadaan Handy Talky (HT) untuk kemudahan berkoordinasi terkait keamaan. Maka, akhirnya Fokus eksis hingga sekarang.

Ketua  Suryadi Tholib mengatakan, awal mula terbentuk Fokus berasal dari seksi keamanaan LPM Kelurahan Kukusan. Saat raker LPM tersebut, muncul program pengadaan Handy Talky (HT) untuk kemudahan berkoordinasi terkait keamaan. Maka, akhirnya Fokus eksis hingga sekarang.

“Fokus resmi dibentuk tanggal 15 Oktober 2013. Dengan Penasehat Fokus adalah Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna,” kata Suryadi kepada depok.go.id, Senin (20/02/2017).

Lebih lanjut, dia mengatakan, dalam empat tahun perjalanan Fokus sudah dapat membangun komunikasi dengan pihak Polsek, Koramil, dan Polres.

“Alhamdulillah, Kelurahan Kukusan sudah bisa dibilang kondusif baik dari kasus pencurian rumah kosong, tawuran remaja, pembuang sampah liar, sampai pencurian motor,” katanya.

Ia melanjutkan, upaya yang dilakukan FOKUS berupa tindakan pencegahan kriminalitas di Kelurahan Kukusan. “Intinya tugas rekan-rekan di FOKUS adalah mengantisipasi tindak kejahatan di Kukusan. Bila ada orang dengan tindakan mencurigakan, kita akan berkorordinasi melalui radio HT, selanjutnya berkoordinasi dengan petugas Buser baik dari Polsek Beji maupun Polresta Depok,” terangnya.

Selain itu, Forum yang memiliki 220 anggota tersebut, memiliki peran untuk mempererat tali silaturahim antar warga agar tercipta kekompakan dan kebersamaan.

“Anggota FOKUS terdiri dari tokoh Kukusan, salah satunya Pradi Supriatna. Kemudian Lurah Kukusan, Hasan, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Suaip, Ketua RW, ketua RT, masyarakat yang peduli dengan keamanan lingkungan, dan satpam,” paparnya.

Karena itu, sambung Suryadi, warga Kukusan pun mendukung penuh semua kegiatan FOKUS. Adanya FOKUS dapat menciptakan rasa aman warga sekitar.

“FOKUS juga mendukung penuh semua kegiatan dan program dari duet kepemimpinan di Depok, terlebih Bang Pradi yang merupakan Wakil Wali Kota adalah warga Kukusan dan pelindung kita di struktural,” terangnya.

Untuk itu, FOKUS pun selalu siap membangun sinergitas dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Harapannya sederhana, hanya ingin Kelurahan Kukusan dan se-Depok aman, nyaman, dan kondusif,” tutupnya.

 

Penulis: Nurul Darojat

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :