uji emisi

Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna melihat perhitungan dan penilaian kualitas udara di Kota Depok. (Foto : Bima/Diskominfo)

depok.go.id –  Pesatnya pembangunan di kawasan Margonda, diimbangi Pemkot Depok dengan upaya pelestarian lingkungan dengan melakukan penanaman pohon. Hasilnya, kualitas udara Margonda dinyatakan masih bagus dan tetap terjaga.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok selama ini telah melakukan sejumlah upaya untuk tetap menjaga kualitas udara di Kota Depok, termasuk Margonda, untuk tetap baik dan terjaga. Di antaranya dengan penanaman pohon yang berfungsi sebagai penyerap polusi udara.

Tidak hanya itu, pihaknya juga terus melakukan upaya pengurangan polusi industri, dan melakukan uji emisi kendaraan secara berkala di tiap kecamatan di Kota Depok.

“Kami juga mengukur kadar ambient udara di sekitar Margonda, dan hasilnya masih bagus,” ujar Mohammad Idris, Senin (20/02/2017).

Upaya penghijauan juga terus dilakukan Pemkot Depok, salah satunya dengan akan terus menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di setiap wilayah. Tak kalah pentingnya juga, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok juga secara ketat melakukan uji kir terhadap mobil-mobil yang melintas di Kota Depok.

“Kir yang dilakukan Dishub tentunya dilakukan dengan ketat. Kalau kir tidak lulus, tidak boleh dipakai,” tegasnya.

Selain itu, untuk menjaga kualitas udara tetap baik, pihaknya rutin mengadakan Car Free Day yang dilaksanakan tiap hari Minggu pagi di kawasan Grand Depok City (GDC).

“CFD ini amanat dari Kementerian Lingkungan Hidup, tentunya sangat bermanfaat sekali untuk mengurangi polusi udara,” pungkasnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :