Kepala UPT BBI Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, Nur Hidayat

Kepala UPT BBI Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, Nur Hidayat. (Foto : Nita/Diskominfo)

depok.go.id – Sebanyak 95 ribu benih ikan telah disebar Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok ke beberapa situ dan mitra pemerintah. Adapun jenis ikan yang didistribusikan adalah jenis ikan air tawar seperti nila dan ikan mas.

“Pertengahan bulan Januari lalu, kami telah mendistribusikan 95 ribu benih ikan ke beberapa situ, ke Kodim 0508 dan salah satu Karang Taruna di Kecamatan Cilangkap. Ini merupakan salah satu program kegiatan yang ada di tahun 2018,” ujar Kepala UPT BBI DKPPP Kota Depok, Nur Hidayat, di Balai Kota, Selasa (20/02/18).

Nur Hidayat menyebutkan, jumlah benih yang disebar antara lain Kodim 0508 sebanyak 20 ribu ekor ikan nila, Situ Pedongkelan 20 ribu ikan nila dan lima ribu ikan mas, Situ Cilangkap 20 ribu ikan nila, Situ Jatijajar 20 ribu ikan nila dan untuk Karang Taruna Kecamatan Cilangkap sebanyak 10 ribu benih ikan nila.

“Ribuan benih ikan tersebut bersumber dari bantuan provinsi yang belum lama diberikan. Untuk situ, benih ikan berfungsi mengembalikan biota yang telah hilang atau dikonsumsi masyarakat. Sedangkan untuk Kodim 0508 dan Karang Taruna, benih ikan dipergunakan untuk pemberdayaan dalam usaha budidaya perikanan,” terangnya.

Ke depan, pihaknya hanya menunggu adanya permohonan bantuan benih ikan dari pembudidaya atau pun mitra pemerintah. Permintaan tersebut akan dilayani pihaknya agar tingkat konsumsi ikan di masyarakat semakin meningkat.

“Kami sedang menunggu permohonan bantuan dari pembudidaya, karena sudah ada informansi dari penyuluh, bahwa beberapa kelompok akan mengajukan permohonan,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :