Kepala DKUM Depok tengah menjawab pertanyaan yang diajukan peserta dalam Forum Renja PD. (Pipin/Diskominfo)

depok.go.id-Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok berkomitmen untuk terus meningkatkan pertumbuhan dan daya saing usaha mikro. Bahkan, dalam pembahasan di Forum Rencana Kerja (Renja) yang digelar hari ini, ada tiga indikator yang menjadi target pembangunan di tahun 2020 mendatang.

Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan menuturkan, tiga indikator tersebut adalah meningkatnya persentase wirausaha baru dengan produk-produk yang tersertifikasi legalitasnya. Sekaligus bertambahnya jumlah persentase usaha mikro naik kelas, menuju kecil, hingga menengah.

“Guna merealisasikan target kinerja tahun 2020, kita rinci dalam 13 macam program. Yaitu, lima program pelatihan utama, sisanya pendampingan dan optimalisasi pemasaran di level lokal, regional, dan nasional,” kata Fitriawan di Wisma Hijau, Kecamatan Cimanggis, Rabu (20/02/2019).

Fitriawan menuturkan pelatihan utama itu di antaranya Pelatihan Wirausaha Baru (WUB) dengan target mencetak 275 pelaku usaha mikro. Serta pelatihan berjenjang, misalnya mengadakan pelatihan teknopreneur, manajemen keuangan, atau pembuatan kemasan

Kegiatan lainnya, kata Fitriawan, pihaknya akan menyelenggarakan satu event yang besar, untuk mempromosikan produk usaha mikro sebanyak tiga kali. Selain itu, melakukan pengawasan dan pembinaan komunitas-komunitas UMKM di Kota Depok.

“Agar produknya berdaya saing, kita juga akan melakukan pendampingan dalam mengurus aspek legalitas usaha, pelayanan akses permodalan, dan penata kelolaan UMKM Centre,” ucapnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :