Satgas banjir saat melakukan normalisasi selokan. (Foto : Dok. DPUPR)

depok.go.id-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok semakin serius dalam mengantisipasi genangan dan banjir di beberapa titik. Bahkan, rencananya DPUPR akan membuat sumur imbuhan yang berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan air tanah dan air hujan.

“Ini baru kita rencanakan tahun ini, namun harus melalui beberapa tahapan, seperti pembebasan lahan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim), sosialisasi ke masyarakat dan lain-lain. Jika tidak ada halangan, pembangunan bisa dilakukan pada 2020,” ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, usai kegiatan Forum Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah DPUPR Kota Depok, di Hotel Bumi Wiyata, Rabu (20/02/19).

Adapun beberapa lokasi yang sudah dipetakan antara lain, Kampung Lio RT 03 RW 19 Kelurahan Depok, Perumahaan Villa Pamulang RW 04, 07, 08 dan 12 Kelurahan Pondok Petir, Perumahan Taman Cimanggis Indah dan Kampung Utan RW 01, 02, 03, 05, 06 dan 07, Kelurahan Krukut.

“Kita juga akan kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok. Karena rencananya DLHK akan membuat sumur resapan. Nanti kita duduk bersama dengan Disrumkim, DLHK, Bappeda dan instansi terkait, agar bisa direalisasikan,” katanya.

Citra berharap, dengan dibangunnya sumur imbuhan dan sumur resapan, dapat menahan laju air dan meresap ke dalam tanah. Sehingga mengurangi, bahkan memecahkan masalah genangan dan banjir di Kota Depok.

“Mudah-mudahan debit air tidak terbuang begitu saja, dan bisa ditahan di dalam sumur imbuhan maupun sumur resapan,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

 

Diskominfo

 

 

Bagikan post melalui :