Ilustrasi pemberian Vitamin A di Kecamatan Cimanggis. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Setiap tahun, pada bulan Februari dan Agustus disebut sebagai bulan pemberian vitamin A. Sebab, pada kedua bulan tersebut anak dengan kelompok usia usia 6 hingga 59 bulan dibagikan suplementasi vitamin A.

Tercatat hingga kini, dari 1.404 balita usia 6 hingga 59 bulan, sebanyak 70 persen telah mendapatkan vitamin A melalui posyandu di bawah naungan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cimanggis.

“Alhamdulillah hingga saat ini sudah 70 persen terdistribusi vitamin A kepada balita,” tutur Kepala UPT Puskesmas Cimanggis Lina Herliana kepada depok.go.id, Rabu (20/02/19).

Dikatakan Lina, sapaan akrabnya, dosis pemberian vitamin A disesuaikan dengan usia anak. Untuk usia enam hingga sebelas bulan diberikan vitamin A dengan dosis 100.000 International Unit (IU) yang ditandai dengan warna biru. Sedangkan, anak usia satu hingga lima tahun diberikan dengan dosis 200.000 IU yang ditandai dengan warna merah.

Dirinya menuturkan, dalam pembagiannya, sasaran untuk vitamin A biru sebanyak 137 balita dan untuk vitamin A merah sebanyak 1.276 balita. Terakhir, Lina berpesan kepada seluruh orang tua agar membawa anaknya ke posyandu untuk mendapatkan vitamin A. Pasalnya dengan asupan vitamin yang cukup dapat memberikan kekebalan tubuh bagi anak, sehingga mencegah anak terserang penyakit.

“Vitamin A untuk kesehatan mata dan juga kekebalan tubuh pada anak. Anak yang cukup mendapatkan vitamin A, akan lebih kebal apabila terkena diare, campak, atau penyakit infeksi lainnya,” pungkasnya.

 

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

 

Diskominfo

 

 

 

Bagikan post melalui :