depok.go.id-Sebanyak 100 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Depok telah diberikan sosialisasi bahaya kanker oleh Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Depok. Sosialisasi untuk memperingati Hari Kanker Sedunia ini, ditujukan agar pelajar peduli dengan kesehatan dirinya.

“Sosialisasi formatnya talkshow, jadi kami membawa narasumber dokter-dokter yang ahli di bidangnya. Agar siswa-siswi bisa bertanya untuk bekal pengetahuan mereka,” kata Sekretaris YKI Kota Depok, Dwi Riyanti di Perpustakaan Kota Depok, Rabu (20/02/2019).

Dikatakannya, sosialisasi bahaya kanker merupakan program rutin YKI Depok. Kegiatan ini, sebagai upaya pencegahan penyakit kanker di kalangan pelajar sedini mungkin.

“Selain penyuluhan, YKI juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Depok untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kepada siswa,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, YKI Depok pada tahun ini konsen pada 3 jenis kanker yang berada di urutan tertinggi. Yaitu kanker serviks, kanker payudara dan kanker paru-paru.

“Kami ingin mereka menerapkan pola sehat. Sekaligus mengetahui bagaimana pendeteksian kanker sedini mungkin, sehingga penyakitnya masih dapat diobati,” ucapnya.

Sementara itu, peserta sosialisasi, Rizki Kurniawan, siswa kelas 10 SMK Ekonomika mengatakan, kegiatan sosialisasi bahaya kanker yang digelar YKI Kota Depok sangat bermanfaat. Sesi tanya jawab yang dilakukan, membuat pengetahuannya bertambah.

“Saya sadar, kanker dapat dicegah dengan perilaku hidup yang sehat. Sedangkan untuk orang lain, saya dapat memberikan pengetahuan ini kepada orang terdekat,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor  : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :