depok.go.id-Berbagai upaya dilakukan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok untuk meningkatkan sektor unggulan yang bisa berkontribusi positif dalam mendukung kemajuan perekonomian. Salah satunya, dengan menggandeng asosiasi yang membawahi perusahaan Kota Depok dalam berbagai kegiatan.

“Kami berkomitmen meningkatkan sektor unggulan di Kota Depok. Hal ini dilakukan untuk menggenjot perekonomian dan pembangunan Kota Depok, dilihat dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) secara time series,” ujar Kepala Disnaker Kota Depok, Manto, di Balai Kota, Rabu (20/03/19).

Menurut data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik (BPS), lanjutnya, terdapat enam sektor unggulan yang ada di Kota Depok. Seperti perdagangan besar dan eceran sebanyak 65.195 perusahaan, hotel dan akomodasi sebanyak 36.055 perusahaan, industri pengolahan sebanyak 12.871 perusahaan, konstruksi sebanyak 806 perusahaan, angkutan dan perdagangan sebanyak 9.104 perusahaan dan aktivitas keuangan sebanyak 836 perusahaan.

“Ini merupakan peluang bagi investor maupun calon tenaga kerja untuk bergabung dan ikut memberikan sumbangsih dalam kestabilan ekonomi di Kota Depok,” katanya.

Manto juga menyebut, jumlah serapan tenaga kerja perusahaan di Kota Depok tahun 2016, sesuai data BPS untuk enam sektor terpilih, di antaranya perdagangan besar dan eceran menyerap tenaga kerja sebanyak 130.139, hotel dan akomodasi 63.694 tenaga kerja, industri pengolahan 61.752 tenaga kerja, konstruksi 8.953 tenaga kerja, angkutan dan perdagangan 12.847 tenaga kerja dan aktivitas keuangan sebanyak 13.864 tenaga kerja.

“Untuk mempersiapkan tenaga yang unggul, kami juga berencana mengadakan pelatihan bagi pencari kerja (pencaker) sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Selain sebagai peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), pelatihan ini juga memberikan peluang besar bagi pencaker untuk bergabung dengan perusahaan yang diminati,” tutupnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

 Diskominfo
Bagikan post melalui :