dbb92e6512112f1846e28758c0a37cf4

Sistem Informasi Pengelolaan Obat atau yang biasa disingkat dengan sebutan SIPO, menjadi salah satu poin dalam kunjungan kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor yang terselenggara pada hari Selasa, 19 April 2016. Rombongan yang dikomando oleh Kepala Seksi PL , Bapak Didik memadati Aula Dinas Kesehatan Kota Depok. Kunjungan di terima oleh Kepala Bidang Perbekalan dan Kesehatan, drg.May Haryanti beserta jajaran eselon 4 dan para staf.

Kegiatan di awali dengan sambutan kedua belah pihak dan kemudian dilanjutkan dengan paparan SIPO oleh drg. May Haryanti serta dilanjutkan pengenalan SIPO secara mendalam yang dipaparkan oleh tim PKBS FKM UI, Poppy Yuniar, S.KM, MM. SIPO merupakan Sistem Informasi mengenai logistik obat, yang memiliki fungsi salah satu diantaranya adalah distribusi obat ke puskesmas yang dapat dipantau melalui sebuah aplikasi.Sistem ini dibangun guna mengurangi proses mencatat secara berulang, mengurangi kertas serta tidak kalah penting mendukung program Depok Cyber City.

Dalam paparannya Kabid Perbekes menjelaskan bahwa, merubah mindset dan kebiasaan seseorang tidaklah mudah. Bahkan awalnya ia pesimis. Namun dengan regulasi yang diatur apabila pengajuan stok obat harus melalui SIPO, jika tidak melalui SIPO, tidak diberikan, pada akhirnya petugas dipuskesmas terbiasa dan dapat mengubah kebiasaan, sehingga SIPO dapat termanfaatkan. Saat ini SIPO masih terus dikembangkan dan dilakukan maintenance oleh tim PKBS FKM UI. Rencana tahun ini SIPO akan berintegrasi dengan SIMPUSDIN, sehingga pada saat pemeriksaan dokter dapat langsung menulis resep dan ini akan mengurangi stok obat yang tercatat di dalam SIPO.(ppid05)

Bagikan post melalui :