pkbm

Sejumlah PKBM, Tutor Paket A, B, dan C serta guru PAUD di Kota Depok mendapatkan pelatihan kompetensi guru berbasis pencegahan penyalahgunaan narkoba untuk anak usia dini yang diadakan Dinas Pendidikan Kota Depok bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok, di Graha Insan Cita, Kamis (20/04/2017). (Foto: Afifah/Diskominfo)

depok.go.id- Pelatihan kompetensi guru berbasis pencegahan penyalahgunaan narkoba untuk anak usia dini yang diadakan Dinas Pendidikan Kota Depok bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok direspon baik oleh para peserta. Seperti yang dikatakan, Kepala Pos PAUD Kirana yang ada di Kecamatan Tapos, Feni Irawati.

“Pelatihan ini sangat bagus karena pemahaman mengenai penyalahgunaan narkotika memang harus diberikan sejak dini. Kegiatan ini pun sebagai bukti keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) dalam memberantas narkoba di Kota Depok,” katanya kepada depok.go.id, Kamis (20/04/2017).

Untuk ke depan, sambung Feni, pihaknya akan memberikan materi pemahaman mengenai narkoba untuk anak-anak di Pos PAUD Kirana. Terlebih, saat ini marak jajanan anak yang memiliki kandungan narkotika di dalamnya. Untuk itu, pihaknya juga akan memberikan pemahaman itu kepada anak didiknya.

“Kami pun akan memberikan edukasi kepada orang tua agar ikut mengawasi anak mereka jika dirumah. Dan juga akan menyarankan orang tua untuk menyiapkan makanan yang dimasak di rumah. Supaya anak mereka tidak jajan sembarang,” tuturnya.

Sementara itu, guru di Pos PAUD Anggrek yang ada di Kecamatan Sukmajaya, Seffi Susidarmasanti menuturkan, pihaknya akan menyiapkan metode khusus untuk mengedukasi anak mengenai pencegahan narkotika. Sebab, anak PAUD yang berusia 2 hingga 6 tahun tidak bisa hanya dengan memberikan materi secara biasa.

“Misalnya, kami akan menyiapkan edukasi melalui permainan, lagu dan gambar. Sehingga informasi yang kami sampaikan bisa terserap dengan baik oleh mereka,” ucapnya.

Seffi berharap, agar langkah yang dilakukan Pemerintah Kota dan masyarakat untuk mencegah dan menekan penyalahgunaan narkoba bisa memberikan hasil yang baik. Sebab narkoba merupakan bahaya yang merusak generasi muda.

“Anak merupakan aset pemerintah, masa depan bangsa di tangan mereka. Maka, kita harus berupaya menyelamatkan anak agar tidak terjerumus dalam bahaya narkoba,” tandasnya.

 

Penulis: Nur Afifah

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :