bpjs kartini

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Depok, Nurifansyah. (Foto: Janet/Diskominfo)

depok.go.id- Guna memperingati Hari Kartini pada 21 April 2017, BPJS Kesehatan Cabang Kota Depok mengadakan kegiatan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan pap smear di beberapa Puskesmas di Kota Depok. Untuk mengetahui lebih dini kanker serviks.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Depok, Nurifansyah mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan IVA di 39 lokasi. Sedangkan untuk pap smear ada 6 lokasi yang serentak dilakukan pada Jumat 21 April 2017.

“Sosok Kartini harus menjadi inspirator bagi kaum perempuan untuk berani berkarya dan berinovasi dalam bidang saja, demi kemajuan dan kebaikan masyarakat, maka itu kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kaum perempuan dari BPJS Kesehatan,” jelasnya kepada depok.go.id, Kamis (20/04/2017).

Ifan pun merinci lokasi pemeriksaan antara lain Puskesmas Depok Jaya, Puskesmas Vila Pertiwi, Puskesmas Beji, Puskesmas Cipayung, Puskesmas Kalimulya, Puskesmas  Abadijaya, Puskesmas Kemiri Muka, Puskesmas Pengasinan, Puskesmas Cinere, Puskesmas Harjamukti, Puskesmas Baktijaya, Puskesmas Jatijajar, Puskesmas Cilangkap, Puskesmas Cimanggis, Puskesmas Kedaung, Puskesmas Pasir Putih, Puskesmas Bojongsari, Puskesmas Sawangan Duren Seribu, PD Sukamajaya, Sukmajaya, Rangkapan Jaya Baru, Limo, Cilodong, Tapos, Tugu, Tanah Baru, Pasir Gunung Selatan, Mekarsari, Cimpaeun, Sukatani, Pancoran Mas, Klinik Tugu Sawangan Baru, Klinik Tirta Husada, Klinik Reni Sejahtera, Klinik Kurnia abadi, KPRJ Setya Bhakti, DPP dr. Indri Hapsari dan DPP dr. Salma.

“Sedangkan untuk Lokasi Papsmear adalah seperti di UPT Perbekalan Farmasi Balai Kota Depok,  Lab. Kimia Farma,  Lab. Prodia, KPRJ Kurnia Abadi, KPRJ Setya Bhakti dan DPP dr. Indri Hapsari,” tuturnya.

Untuk syarat peserta melakukan pemeriksaan IVA, pap smear harus sudah menikah, membawa kartu JKN-KIS, tidak ada tunggakan pembayaran, tidak sedang mengandung, 48 jam tidak melakukan hubungan seksual.

Ifan berharap, dalam momentum Hari Kartini, perempuan harus menjadi pelopor untuk hidup sehat, salah satunya melalui upaya deteksi dini kanker leher rahim. Sebab, dengan melakukan deteksi dini kanker serviks (pemeriksaan IVA atau pap smear), maka diharapkan para wanita dapat terdeteksi potensi kanker leher rahim pada stadium awal/dini, sehingga masih dapat disembuhkan.

“Kanker leher rahim yang baru terdeteksi pada stadium lanjut (stadium IV), maka risiko tingkat kematian akan lebih tinggi. Makanya dalam rangka momentum menyambut hari Kartini, BPJS Kesehatan turut menggaungkan pentingnya pemeriksaan dini kanker leher rahim. Bagi seluruh peserta JKN deteksi dini kanker leher rahim melalui pemeriksaan IVA atau Pap Smear diberikan secara gratis,” tutupnya.

 

Penulis: Janet

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :