lomba bercerita_4

Sebanyak 28 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat di Kota Depok mengikuti lomba cerita pendek (cerpen) untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Depok yang ke-18. (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id – Sebanyak 28 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat di Kota Depok mengikuti lomba cerita pendek (cerpen) yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok. Lomba yang memasuki tahun kedua tersebut, digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Depok yang ke-18.

Kepala Bidang Perpustakaan Diskarpus Kota Depok, Ani Rahmawati mengatakan, lomba digelar untuk merangsang minat baca dan menulis para pelajar sejak dini. Ani juga menambahkan, kegiatan lomba ini juga sebagai salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan emosi, seni, dan imajinasi serta menumbuhkan kegemaran membaca di kalangan pelajar, sehingga diharapkan angka kunjungan pelajar ke perpustakaan menjadi meningkat.

“Dengan banyak membaca tentunya anak-anak akan semakin luar biasa daya imajinasinya, sehingga akan lebih mudah dalam menulis sebuah cerpen,” ujar Ani, Kamis (20/04/2017).

Cerpen yang ditulis oleh para peserta, kata Ani, harus bertemakan mengenai Kota Depok. Untuk merangsang kreativitas pelajar, mereka diberi kebebasan menulis dan sudut pandang yang dipakai untuk menilai keberadaan Kota Depok.

“Bisa dari budaya Kota Depok, kuliner yang banyak di Kota Depok, kehidupan sosial di Kota Depok, ataupun cerita fiksi lainnya yang menggambarkan keadaan Kota Depok,” tambah Ani.

Dirinya menyebutkan, kriteria penilaian lomba cerpen ini antara lain kesesuaian tema, pesan yang disampaikan, originalitas, kreativitas, unsur intrinsik, dan diksi pada cepren tersebut. Untuk juara pertama peserta berhak atas hadiah sebesar Rp 750 ribu, juara kedua Rp 500 ribu, dan juara ketiga Rp 250 ribu. Selain mendapatkan uang pembinaan, pemenang juga akan diberikan sertifikat.

“Kami sudah menerima naskah sejak tanggal 27 Maret 2017, sehingga hari ini sudah tinggal penilaian saja. Sedangkan untuk pengumuman pemenang akan dibarengi dengan lomba yang lain, seperti lomba bercerita dan lomba karya tulis ilmiah,” tutupnya.

Penulis: Nurul Hasanah.
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :