festival ukm

Wali Kota Depok, Mohammad Idris membuka Festival UMKM Kota Depok hari ini, Kamis (20/04/2017) di Balaikota. (Foto : Bima/Diskominfo)

depok.go.id – Pembukaan Festival UMKM Kota Depok hari ini yang  digelar di Balaikota berlangsung meriah. Aksi tari anak-anak dan juga penampilan rampak beduk, mengiringi kegiatan yang dibuka oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris. Kehadiran komedian Eman Empat Sekawan dan Daus Mini yang didaulat menjadi MC, membuat pengunjung yang datang makin terhibur dengan banyolan-banyolannya yang mengocok perut.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Kota Depok untuk semakin menggeliatkan usaha mikro di Kota Depok. Sebab, tak dapat dimungkiri keberadaan mereka juga memiliki peran yang besar terhadap perekonomian di Kota Depok.

“Mereka harus bangga, karena mereka merupakan bagian dari geliatnya perekonomian kita,” ujar Mohammad Idris, Kamis (20/04/2017).

Dirinya juga mengatakan, pihaknya akan terus memberikan fasilitas bagi para pelaku usaha mikro, di antaranya adalah memasifkan kesadaran para pelaku usaha modern untuk menyediakan 2 persen lahannya untuk para pelaku usaha mikro menjajakan produknya. Selain itu, juga Pemkot Depok akan menyelesaikan revitalisasi pasar tradisional yang di dalamnya akan disediakan kios dan los bagi usaha mikro.

“Akan kita kejar sesuai janji kampanye kami, menyediakan 1000 kios untuk UMKM. Saat ini, kami memiliki outlet khusus gerai di ITC, nanti saat alun-alun kota sudah ada, kita juga akan menyediakan space untuk UMKM,” jelasnya.

Dirinya juga berpesan kepada masyarakat, untuk bisa terus mendukung keberadaan para pelaku usaha mikro dengan cara membeli dan membela produk lokal. Pihak Pemkot Depok juga turut melakukan sosialisasi produk lokal Depok, baik dari ajang promosi maupun pameran dan mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk beli dan bela produk Depok.

Dengan gerakan ini, diharapkan produk Depok mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan daya beli, serta menyejahterakan masyarakat. Selain itu, juga tidak bergantung pada barang impor, karena lebih cinta produk lokal.

“Kami juga terus melakukan berbagai upaya agar produk Depok dapat digunakan oleh seluruh kalangan, ASN pun dianjurkan untuk menggunakan produk tersebut,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, M Fitriawan mengatakan, Festival UMKM Kota Depok dimeriahkan dengan 40 stan yang melibatkan 67 pelaku usaha mikro dari berbagai bidang, baik itu kuliner, kerajinan dan pakaian. Kegiatan sendiri akan berlangsung selama tiga hari yaitu 20, 21, dan 22 April 2017 dan akan dimeriahkan dengan workshop, berbagai lomba dan juga doorprize.

“Tidak hanya bazar UMKM, kami juga mengadakan workshop dan berbagai lomba, guna memancing masyarakat hadir dalam kegiatan ini. Di akhir kegiatan yaitu hari ketiga, kami juga menyiapkan doorprize bagi pengunjung yang hadir,” pungkasnya.

Penulis: Rysko
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :