depok.go.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok sudah menentukan besaran pembayaran zakat fitrah maupun fitrah yang dikonversi ke rupiah pada Ramadan 1440 Hijriah. Untuk zakat fitrah yang 2,5 kilogram berat jika dibayar dengan rupiah maka sebesar Rp 35 ribu.

“Kami menetapkan standar harga beras untuk zakat fitrah 1440 Hijriah senilai Rp 14 ribu kilogram. Dengan begitu seorang muslim berkewajiban membayar zakat fitrah 2,5 kilogram atau 3,5 liter, jika dibayar dengan rupiah senilai Rp 35 ribu,” kata Ketua 2 Penyaluran dan Pemberdayaan Baznas Kota Depok, Abdul Ghofar kepada depok.go.id di Balai Kota Depok, Senin (20/05/2019).

Menurutnya, ketentuan fiqih zakat membolehkan muzakki membayar zakat fitrah dengan uang selain dengan beras. Kewajiban mengeluarkan zakat fitrah tersebut, baik yang berpuasa maupun yang tidak berpuasa.

“Bahkan bayi yang baru lahir diwajibkan untuk berzakat fitrah, dan dikumpulkan sebelum khatib naik mimbar saat salat Idul Fitri. Jadi sehari sebelum atau saat malam takbir, zakat itu diberikan pada para mustahik,” jelas Ghofar, sapaan akrabnya.

Selain itu, dirinya mengajak masyarakat untuk dapat menunaikan zakat fitrah atau zakat penghasilan, infaq dan shodaqoh. Penyerahan zakat fitrah bagi warga Kota Depok bisa langsung diserahkan melalui unit pengumpul zakat (UPZ) terdekat, atau bisa datang ke kantor Baznas Kota Depok di Perumahan Depok Mulya 1 Blok I Nomor 12, Beji.

Selain itu, untuk mempermudah warga, pembayaran zakat juga bisa langsung ditransfer ke Bank BJB dengan nomor rekening 5050.10.1000.302 atau 02500.100.54839 atas nama Baznas Kota Depok.

“Hotline telepon kami di nomor 087876001222 untuk konfirmasi. Warga bisa menghubungi kami ke nomor tersebut jika ingin konsultasi seputar pembayaran zakat,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :