depok.go.id –  SD Islam Terpadu (SDIT) Rahmaniyah Kecamatan Sukmajaya, hari ini mendapatkan penilaian dari tim juri Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional. Dalam penilaian yang dilakukan secara serentak di enam provinsi melibatkan 96 sekolah TK hingga SMA, SDIT Rahmaniyah dinilai cukup bagus dalam mengelola kebersihan lingkungan pendidikan.

“Secara umum, dari aspek lingkungan kami melihat SDIT Rahmaniyah bagus, pengelolaan sampahnya juga dikonsep dengan rapi,” kata Ketua Koordinator LSS Tahun 2018, Agus Suharyanto, kepada depok.go.id, Jumat (20/07/2018)

Dirinya melanjutkan, ada beberapa komponen yang menjadi penilaian LSS. Mulai dari kelengkapan dan ketersediaan sarana-prasarana, program-program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), serta pemahaman tenaga pengajar dan pelajar tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Dengan kata lain, kata Agus, pihaknya menilai kinerja dan seluruh komponen pendidikan terhadap program UKS. Dirinya menambahkan, untuk siswa sendiri, dipilih secara acak, lalu diadakan tes wawancara dan tertulis tentang PHBS.

“Proses seleksi dari lomba ini terbagi ke dalam tiga tahap. Mulai dari penilaian, lalu datanya kita olah. Setelah itu, kita ambil beberapa nominator. Selanjutnya akan ada verifikasi oleh tim penilai yang berbeda (rechecking),” katanya.

Sementara itu, ditemui di tempat yang sama, Kepala Sekolah SDIT Rahmaniyah, Asep Koswara menyambut baik kedatangan rombongan Tim Penilai LSS Tingkat Nasional tersebut. Dirinya menjelaskan, penanaman PHBS kepada anak-anak didiknya sudah dibiasakan dalam keseharian mereka.

“Penerapan PHBS tersebut antara lain rutin mencuci tangan sebelum makan, membuang sampah pada tempatnya, serta menyediakan makanan yang sehat di (kantin) sekolah. Selain itu, rutin berolahraga dan setiap Jumat digalakkan gerakan membersihkan lingkungan sekolah,” tutupnya.

Penulis : Pipin Nurullah
Editor: Dunih

 

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :