depok.go.id – Kali Pesanggrahan yang melintas di perbatasan Pasir Putih dan Cipayung telah selesai dinormalisasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Meskipun demikian, Pemkot Depok akan terus mengawasi dan menjaga kebersihan Kali Pesanggrahan agar tidak sampai meluap kembali.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, hasil evaluasi pihaknya, diketahui sampah di Kali Pesanggrahan bukan dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Sebab, di TPA Cipayung ada pagar yang berfungsi menahan sampah agar tidak hanyut terbawa air.

“Di Kali Pesanggrahan ini sense of security-nya harus ada, sehingga bisa mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan pada bangunan yang letaknya dekat dengan sungai,” ujar Mohammad Idris, usai membuka kegiatan pembersihan lingkungan di sekitar Sungai Pesanggrahan perbatasan Sawangan dan Cipayung, Jumat (20/07/2018).

Ditambahkannya, ke depan pihaknya akan semakin mengintensifkan komunikasi dan koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Sehingga nantinya penyelesaian masalah Kali Pesanggrahan akan lebih komprehensif lagi.

“Sebenarnya bisa saja normalisasi dari hulu sampai hilir, tetapi perhitungan kasar kita bisa sampai ratusan miliar. Ini tidak mungkin, karena pasti akan menarik kebutuhan anggaran yang lain. Karenanya kita komunikasi juga dengan Pemerintah Kabupaten Bogor maupun pemerintah pusat,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :