Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) akan menganggarkan Rp 351 juta untuk pelebaran Jalan Raya Bandung sampai Jalan Raya Jakarta di kawasan Cinere, Depok. Pelebaran jalan ini dimaksudkan untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di titik tersebut.

“Memang di titik tersebut kerap terjadi kemacetan di jam-jam tertentu. Hal ini diakibatkan, adanya penyempitan jalan. Untuk itu, belum lama ini kami bersama Wali Kota Depok dan Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan peninjauan untuk rencana pelebaran jalan tersebut,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Manto, Sabtu (21/07/18).

Manto menambahkan, nantinya pelebaran akan dilakukan satu meter ke samping jalan raya dengan panjang 150 meter pada akhir tahun 2018. Diakuinya, ini merupakan upaya sementara yang bisa dilakukan Pemkot Depok, mengingat untuk pelebaran jalan yang ideal di lokasi tersebut, DPUPR membutuhkan pelebaran jalan sepanjang empat meter ke samping.

“Sebenarnya sudah ada kajian dari 2015 dan sudah dianggarkan untuk pembebasan lahan yang empat meter itu. Namun, lahan tersebut merupakan lahan parkiran toko dan pemilik toko tidak setuju, mereka mau Pemkot membeli bersama rukonya. Ini butuh anggaran yang tidak sedikit,” jelasnya.

Untuk pembebasan lahan, nantinya akan dilakukan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim). Jika tidak ada halangan, kata Manto, pembebasan lahan bisa dilaksanakan sesegera mungkin, sehingga pada 2020 pembangunan fisik bisa dilakukan.

“2020 kemungkinan fisiknya, karena kajian harus kita ubah dengan acuan kajian yang telah rampung di 2015,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Bagikan post melalui :