Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, May Haryanti. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Pasar Cisalak, Kecamatan Cimanggis menjadi salah satu lokasi khusus (lokus) penilaian Kota Sehat Tahun 2019 pada 29-30 Agustus 2019. Karena itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memaksimalkan berbagai upaya agar pasar tersebut memenuhi klasifikasi sebagai tempat sarana publik yang sehat.

“Pasar Cisalak menjadi salah satu lokus binaan kami yang masuk pada tatanan Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, May Haryanti di Pasar Cisalak, Kecamatan Cimanggis, Selasa (20/08/2019).

Untuk itu, lanjut May, Dinkes melakukan berbagai upaya demi mewujudkan tatanan tersebut. Pihaknya juga mendirikan Pos Kesehatan di lantai 4, yang buka setiap Jumat pukul 10.00 WIB.

Selanjutnya, sambung May, di Pasar Cisalak juga sudah ada ruang menyusui (laktasi) yang cukup representatif. Hal tersebut agar para pembeli atau pedagang bisa menyusui anaknya dengan aman dan nyaman.

“Kami juga melakukan inspeksi mendadak (sidak) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) hari ini untuk mewujudkan tatanan tersebut. Dengan begitu, pembeli dan pedagang tidak merokok di sembarang tempat,” katanya.

Dirinya menambahkan, bukan hanya penyediaan berupa fasilitas, Dinkes Depok juga kerap mengadakan berbagai pembinaan. Salah satunya sosialisasi cara mencuci tangan dengan benar.

“Kami juga memasang berbagai informasi dalam bentuk poster atau leaflet di berbagai sudut di bangunan pasar. Semoga dengan upaya ini Kota Depok meraih hasil positif, lebih dari itu kondisi Pasar Cisalak yang sehat bisa terjaga,” tutupnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :