Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida menjadi pemateri pada Seminar dan Workshop dalam rangka memperingati Pekan ASI Sedunia di RSUD Depok. (Foto: Istimewa)

depok.go.id – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok, Elly Farida mengingatkan para ibu yang memiliki bayi untuk memberikan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif. Pasalnya, dengan ASI, maka akan menciptakan kedekatan emosional yang lebih antara ibu dan anak.

“Dengan memberikan ASI eksklusif, terlebih secara langsung maka anak akan merasakan dekapan hangat ibu. Anak juga bisa menikmati irama detak jantung ibunya untuk menambah kedekatan emosional antara mereka,” kata Bunda Elly, sapaannya, usai menghadiri Seminar dan Workshop dalam rangka memperingati Pekan ASI Sedunia di Aula Gedung BD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Sawangan, Selasa (20/08/2019).

Dikatakannya, saat ini banyak anggapan yang menilai apabila menyusui bisa membuat payudara menjadi tidak bagus. Hal ini perlu diluruskan, sebab dengan memberikan ASI secara langsung salah satu upaya yang mudah, murah dan steril bagi anak. Bahkan juga menjamin peningkatan kualitas anak di masa depan.

“Nanti kita akan melihat kualitas anak-anak dengan ASI eksklusif dengan daya tahan tubuh yang kuat. Mereka pun tidak mudah terserang penyakit,” jelasnya.

Bunda Elly menambahkan, pemberian ASI eksklusif ini juga tak boleh menghambat para ibu pekerja. Karena kini perkembangan sudah sangat canggih, sehingga ibu pekerja bisa menyimpan ASI-nya di suhu yang dingin sebelum diberi kepada anaknya.

“Dengan cara seperti itu anak tetap mendapatkan haknya. Kalau ibu pekerja sudah di rumah langsung memberi ASI secara langsung sambil melantunkan lagu yang mengingatkan kepada Tuhannya. Maka sangat indah sekali kedekatan yang terjalin tersebut,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :