Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BANSM) Provinsi Jawa Barat (Jabar) hari ini melakukan verifikasi terhadap 30 Sekolah Dasar (SD) sederajat di Kota Depok. Penilaian akreditasi tersebut dilaksanakan pada 20-24 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan, proses akreditasi sekolah dilakukan setiap tahun. Menurutnya, fokus utama penilaian pada sekolah yang masa akreditasinya habis atau SD yang baru berdiri di wilayah.

“Penilaian ini dilakukan secara serentak di sekolah yang ditunjuk. Adapun jumlah petugas asesor sebanyak 30 orang,” katanya di ruang kerjanya, Selasa (20/08/2019).

Lebih lanjut, ucap Thamrin, puluhan petugas asesor tersebut berasal dari berbagai kota/kabupaten se-Jabar, seperti Bogor, Bekasi, Sumedang, dan Sukabumi. Begitu pula tim penilai dari Depok, sambungnya, melakukan penilaian di wilayah lain.

“Dengan demikian, penilaian dilakukan secara objektif dan sesuai ketentuan,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Pelaksanaan Akreditasi Kota Depok, Abdurahman menambahkan, SD yang dinilai sebelumnya harus mengisi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di Sistem Informasi Penilaian Akreditasi (Sispena). Data tersebut, ujarnya, dikirimkan ke BANSM untuk diverifikasi.

“Setelah hasilnya keluar, BANSM baru mengirimkan petugas asesornya ke sekolah tersebut,” terangnya.

Dirinya menambahkan, adapun penilaian akreditasi jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat sudah dilakukan pada 13-16 Agustus 2019. Pada kesempatan itu, sebanyak 6 SMP dan 2 Madrasah Tsanawiah (MTS) sudah diakreditasi.

“Mudah-mudahan kegiatan penilaiannya berjalan lancar,” pungkasnya.

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :