Camat Cimanggis, Eman Hidayat saat memberikan paparan pada acara Pembinaan Sinergitas Kinerja Kecamatan dan Lomba Kecamatan Layak Anak Tingkat Kota Depok di aula Kecamatan Cimanggis, Rabu (19/09). (diskominfo)

depok.go.id- Kecamatan Cimanggis ikut membantu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok untuk menjaring anak-anak yang belum memiliki akta kelahiran di wilayahnya. Hingga kini, sudah ada 64.290 anak yang sudah memiliki akta kelahiran dari 67.264 anak di Cimanggis.

“Saya bersama lurah se-Cimanggis melakukan pendataan terhadap anak yang belum memiliki akta kelahiran. Setelah mendapatkan jumlah anak maka mereka akan difasilitasi untuk membuat akta kelahiran dengan prosedur yang mudah,” jelas Camat Cimanggis, Eman Hidayat kepada depok.go.id di ruang kerjanya, belum lama ini.

Dikatakannya, ada sekitar empat persen anak di Cimanggis belum memiliki akta kelahiran. Hal itu dikarenakan minimnya pengetahuan orangtua akan pentingnya pemenuhan hak sipil anak, sehingga tidak dilakukan pembuatan akta kelahiran untuk anak mereka.

“Sekitar empat persen anak yang belum memiliki akta kelahiran, kami akan terus bersinergi untuk mendata kembali, kemudian memfasilitasi agar hak sipil seluruh anak terpenuhi,” tuturnya.

Menurut Eman, sapaannya, pihaknya terus berupaya memenuhi hak anak, salah satunya dengan pemenuhan hak sipil anak yang terdapat pada kluster pertama gugus tugas layak anak. Pemenuhan hak bagi anak itu dilakukan bersama lurah, LPM, RT, dan RW setempat untuk bersama memenuhi hak anak.

“Kami sudah berkomitmen untuk memenuhi hak sipil dengan memberikan kemudahan dalam pembuatan akta kelahiran bagi anak,” katanya.

Untuk pembuatan akta kelahiran, lanjut Eman, dapat dilakukan di kantor kelurahan. Namun, jika melebihi waktu yang ditentukan yaitu 60 hari dari hari kelahirannya maka dilakukan pembuatan akta kelahiran di kantor Disdukcapil Kota Depok.

Terakhir, Eman berpesan kepada seluruh orangtua untuk membuat akta kelahiran setelah anaknya lahir. Mengingat, akta kelahiran merupakan salah satu komponen yang harus dipenuhi sebagai hak anak.

Penulis : Indri Purnama
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo

Bagikan post melalui :