depok.go.id – Bertempat di aula lantai 5 Balai Kota Depok, rombongan Komisi C DPRD Kota Payakumbuh, Sumatera Barat yang terdiri dari anggota DPRD serta beberapa Kepala OPD dijamu dengan hangat oleh Asisten Ekbangsos Eka Bachtiar, Asisten Tata Praja Dudi Miraz dan perwakilan dari Bagian Pembangunan Kota Depok, Dishub, Disdik, serta OPD Kota Depok lainnya.

Ketua rombongan, Suparman, mengatakan bahwa kunjungan kerja ini dalam rangka bertukar informasi terkait hal yang berhubungan dengan bidang kerja khusus di Komisi C, seperti bidang pendidikan, pembangunan, kesehatan, perhubungan dan tata ruang. Melalui kunjungan kerja ini, pihak Komisi C Kota Payakumbuh akan mengambil langkah-langkah yang dikerjakan oleh Pemkot Depok terkait bidang-bidang tersebut, hal-hal yang dirasa sudah sukses diterapkan Kota Depok nantinya akan diterapkan di Payakumbuh

“Misal di bidang pendidikan, kami ingin tahu bagaimana Depok mengelola sekolah swasta, karena di kota kami ada kejomplangan antara sekolah swasta. Maksudnya ada sekolah yang sangat bagus, tetapi juga ada sekolah swasta yang buruk,” jelas Suparman.

Selain itu, Kota Payakumbuh juga ingin mengetahui langkah yang akan diambil oleh Pemkot Depok terkait dengan pengelolaan SMA dan SMK yang akan diambil alih oleh Dinas Pendidikan Tingkat Provinsi. Hal tersebut akan dilaksanakan pada 2016 nanti sesuai  dengan Undang-undang No. 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah untuk mengganti UU No. 32 tahun 2004.

Selain itu, pembahasan penting lainnya adalah mengenai pengelolaan TPA, karena di Payakumbuh ini terdapat TPA regional yang menampung sampah dari kota dan kabupaten lainnya. Dalam hal ini terdapat beberapa hal yang menjadi sorotan, di antaranya adalah kompensasi masyarakat belum diberikan secara maksimal sehingga pengelolaan belum optimal.

“Mengenai pengelolaan TPA juga kami membahasnya. Kami ingin mengetahui bagaimana TPA Depok dikelola karena yang kami tahu Depok sangat konsen untuk menangani permasalahan sampah,” ujar Suparman yang juga menjabat sebagai Wakil DPRD Kota Payakumbuh ini.

Sementara itu, Asisten Tata Praja Kota Depok, Dudi Miraz, mengatakan bahwa Kunker ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU yang dilaksanakan pada 2014 lalu. Dirinya berharap dengan Kunker ini, akan terjalin komunikasi antara Depok dan Payakumbuh hingga bisa saling tukar info demi kemajuan tiap kota.

“Intinya silaturahmi yang terjalin ini dapat meningkatkan kinerja, pelayanan dan kesejahteraan kota masing-masing,” ujar Dudi. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :