Jpegdepok.go.id – Pemerintah Kota Depok menerima kunjungan kerja (Kunker) Pemerintah Kabupaten Gorontalo di Ruang Bougenville, lantai 1 Balai Kota Depok, Selasa (20/10/2015). Kedatangan Pemerintah Kabupaten Gorontalo ini guna mempelajari terkait ketahanan pangan di Kota Depok.

“Kami ingin mengetahui lebih dalam mengenai sikap yang dilakukan Pemkot Depok dalam pemanfaatan pangan lokal, terlebih saat ini sudah menerapkan program One Day No Rice (ODNR),” tutur Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Gorontalo, Femmiwati Umar.

Lebih lanjut, pihaknya menambahkan bahwa pada dasarnya di wilayah yang memiliki 19 kecamatan tersebut mempunyai lahan yang cukup untuk ditanami dan kemudian menghasilkan pangan lokal. Akan tetapi, hingga kini seluruh warganya mayoritas mengonsumsi beras yang cukup tinggi, sehingga mengalami hambatan untuk mengubah kebiasaan tersebut.

Setelah Kunker yang dilakukan ini, Femmi berharap mendapatkan informasi lebih untuk dapat memanfaatkan hasil pangan lokal tersebut. Pasalnya, selain untuk meningkatkan perekonomian para petani di Kabupaten Gorontalo juga baik untuk kesehatan karena kandungan gulanya lebih rendah dibandingkan saat mengonsumsi nasi.

“Kami ingin belajar dari Depok agar tiga tahun ke depan di Gorontalo sudah menerapkan hal serupa seperti yang Depok lakukan,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Widyati Riandani, yang dalam hal ini memimpin Rakor megungkapkan bahwa tindakan awal yang dilakukan oleh Pemkot Depok, yaitu mengubah mindset masyarakat bahwa tubuh kita tidak membutuhkan nasi tetapi karbohidrat, sehingga dalam mengonsumsi karbohidrat tersebut tidak harus nasi, karena dengan singkong, kentang, atau umbian pun sudah merupakan karbohidrat.

“Sejak awal kami memberikan pemahaman dan sosialisasi secara berkelanjutan kepada pihak sekolah, masyarakat, rumah makan, dan penderita diabetes mengenai karbohidrat pengganti nasi ini. Setelah itu mendapat dukungan lebih dari beberapa pihak dan selanjutnya turut membantu mensosialisasikan,” jelas wanita yang juga menjabat sebagai Plt.  Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok.

Terakhir, Wid menambahkan bahwa upaya yang dilakukan Pemkot Depok dapat menjadi referensi bagi Pemkab Gorontalo untuk menerapkan pola ketahanan pangan, sehingga pola pikir masyarakat perlahan dapat berubah dan selanjutnya mulai mengonsumsi karbohidrat nonberas. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :