Kegiatan STBM di Kelurahan Curug, Cimanggis. (Foto : Indri/Diskominfo)

depok.go.id-Upaya menciptakan lingkungan yang sehat terus dilakukan Kelurahan Curug. Dengan mengajak masyarakat, Kelurahan Curug menggelar kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) agar masyarakat dapat mencari solusi permasalahan terkait kesehatan lingkungan.

Lurah Curug, Bambang mengatakan, pihaknya melibatkan fasilitator yang ahli di bidang kesehatan untuk mengajak masyarakat dalam memprioritaskan masalah kesehatan lingkungan. Pasalnya, lingkungan yang sehat wujud terciptanya kesehatan dalam tubuh.

“Kami mengajak masyarakat untuk terlibat langsung dalam menciptakan lingkungan yang sehat. Harapannya mereka bisa menerapkan di kehidupan sehari-hari,” tuturnya kepada depok.go.id, Rabu (20/11/2012).

Dikatakan Bambang, melalui STBM, nantinya akan ada beberapa lembar kerja yang akan dilakukan masyarakat. Tentu sesuai dengan usulan-usulan kegiatan untuk menciptakan kesehatan lingkungan.

“Dalam hal ini, nantinya masyarakat juga akan dibantu pihak pemerintah agar terwujudnya kesehatan lingkungan dapat lebih maksimal,” jelasnya.

Bambang menambahkan, masyarakat juga diarahkan untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan keluarga. Hal tersebut merupakan salah satu indikator tercapainya lingkungan yang bersih dan sehat.

“PHBS ini juga penting dilakukan sebagai upaya dalam mendukung STBM yang sehat,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :