e-ktp1-595x398Terhitung mulai tahun depan, Kota Depok akan mencetak sendiri e-KTP warganya. Dengan begitu warga Kota Depok nantinya tidak akan menunggu lama lagi dari pusat, pasalnya pencetakan akan dilakukan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Kota Depok oleh Epi Yanti.

“Pada 2014 ada beberapa kota yang ditunjuk untuk mencetak ktp elektronik sendiri, dan Depok menjadi salah satunya,” ujar Epi

Dijelaskan Epi, saat ini Depok sudah mempunyai alat perekam e-KTP di beberapa kelurahan, sehingga bisa lebih memudahkan warga membuat e-KTP. Nantinya proses perekaman e-KTP akan dilaksanakan di kelurahan dan proses pencetakan akan dilaksanakan di Disdukcapil Kota Depok.

“Nanti pihak pusat akan memberikan blanko,  proses perekaman dan cetaknya kita mempunyai kewenangan sendiri,” lanjut Epi.

Epi berharap dengan memiliki kewenangan untuk mencetak e-KTP sendiri, keluhan warga atas lambatnya proses pembuatan e-KTP sudah tidak ada lagi. Saat ini proses pencetakan e-KTP dilakukan di pusat dan tidak sedikit warga yang mengeluh karena prosesnya lambat.

Untuk saat ini, proses perekaman e-KTP di Kota Depok sudah melebihi seratus persen dari target jumlah penduduk menurut kontrak yang akan direkam pada tahun 2011. Jumlah penduduk menurut kontrak yang akan direkam di tahun 2011 adalah 1.020.002, sedangkan menurut data per 17 Desember 2013 jumlah penduduk yang sudah terekam sebanyak 1.023.169, lebih 0,31 persen dari target yang dicanangkan pada 2011 lalu. Hal ini dikarenakan bertambahnya jumlah penduduk di Kota Depok. (Diskominfo/Rysko)

Bagikan post melalui :