Apresiasi dan Penghargaan Pajak Daerah Kota Depok 2017 4

depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada 18 Wajib Pajak (WP) teladan atas kepatuhan membayar pajak. Penghargaan WP teladan tersebut diberikan kepada beberapa lembaga yaitu restoran, mal, tempat hiburan, tempat parkir, dan hotel yang taat membayar pajak.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menjelaskan, tujuan dari penghargaan tersebut guna memberikan apresiasi kepada WP yang telah taat asas dan taat waktu dalam pembayaran pajak daerah. Selain itu, ini merupakan bagian dari proses pembinaan dan sosialisasi kepada masyarakat serta untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

“Untuk itu kami tidak segan-segan memberikan penghargaan. Ini sebagai bentuk perhatian kami kepada para WP yang telah berkontribusi dan berpartisipasi meningkatkan kesejahteraan warga Depok,” ujarnya, Rabu (20/12/17).

Ia mengatakan, PAD Kota Depok sebanyak 68 persen berasal dari pajak. Selain itu pendapatan dari pajak juga menyumbang sekitar 23 persen untuk anggaran belanja Kota Depok.

“Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Di akhir tahun ini kami sedang melakukan evaluasi, sehingga tahun depan lebih giat lagi meningkatkan PAD, di mana di tahun 2016 kita sudah capai Rp 1 triliun,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BKD Kota Depok Nina Suzana mengatakan, jumlah WP yang mendapatkan penghargaan tersebut terdiri lembaga dan perorangan. Di antaranya PT Centrepark Citra Corpoda (Parkir Taman Melati Margonda), PT Securindo Packatama Indonesia (Parkir D Mall), PT Lia Anugerah Semesta (Bioskop Cinere 21), PT Gunung Subur Sentosa, PT Puri Dibya Properti (Restoran Margo Hotel), PT Sriboga Marugame Indonesia (Marugame Udon), PT Puri Dibya Properti (Margo Hotel), PT Graha Cardo Sejati (Fave Hotel), PT Basf Care Chemicals Ind, PT Indagro Inc, Meriam Belina Bamboe Peringkat II Kategori Buku 4 Pajak Bumi dan Bangunan.

“Sementara untuk perorangan, yaitu Isman Peringkat I Kategori Buku 1 Pajak Bumi dan Bangunan, Supandi Peringkat II Kategori Buku 1 Pajak Bumi dan Bangunan, Robertus Katino, Peringkat II Kategori Buku 2 Pajak Bumi dan Bangunan, Ir Rahmadsyah Kamal Nst Peringkat I Kategori Buku 2 Pajak Bumi dan Bangunan, Anwar Peringkat II Kategori Buku 3 Pajak Bumi dan Bangunan, Siti Rohana Peringkat I Kategori Buku 4 Pajak Bumi dan Bangunan,” sebutnya.

Ia menambahkan, kriteria penerima penghargaan WP teladan dinilai berdasarkan nilai nominal dan ketepatan waktu pelaporan dan pembayaran pajak.

“Kalau untuk PBB dibagi dalam 5 kategori berdasarkan nilai pajak. Kalau pajak lain tidak ada batasan nilai,” tandasnya.

Penulis: Jose

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :