RSUD Kota Depok 4depok.go.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok berkomitmen untuk meningkatkan pelayan yang lebih optimal kepada pasien. Salah satunya dengan memprioritaskan keselamatan pasien (patient safety) lewat tim khusus yang sudah terlatih.

Ketua tim Keselamatan Pasien RSUD Kota Depok, Desi Fitriani mengatakan, di RSUD Depok pelaksanaan safety patient dikoordinir oleh tim khusus keselamatan pasien. Di mana tugas tim khusus ini yakni melakukan penilaian terhadap risiko yang akan mungkin terjadi dari pelayanan yang dilaksanakan.

“Panilaian terhadap risiko dilakukan dengan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), sehingga akan dapat mencegah terjadinya insiden keselamatan pasien,” ujar Desi, Rabu (20/12/2017).

Dirinya menambahkan tim ini juga melakukan Root Cause Analysis (RCA) apabila terjadi insiden terkait keselamatan pasien. Menurutnya, teknik RCA ini untuk mencari akar masalah mengapa insiden bisa terjadi.

“Program keselamatan pasien ini juga dilaksanakan untuk memberikan pelayanan yang aman, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan di RSUD Depok,” jelasnya.

Dirinya menyebutkan pentingnya pelaksanaan program keselamatan pasien antara lain, untuk ketepatan identifikasi pasien, peningkatan komunikasi efektif pada pasien, serta peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai. Selain itu diperlukan juga sebagai kepastian tepat lokasi, tepat prosedur, dan tepat pasien operasi.

“Safety patient pun diperlukan sekali guna pengurangan risiko infeksi terkait pelayanan kesehatan, atau pun pengurangan risiko pasien jatuh,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :