Suasana Monitoring dan evaluasi kelurahan layak anak di Kantor Kecamatan Cimanggis Rabu, (19/12). Dalam kegiatan tersebut hadir 60 anggota Forum Anak Kecamatan dari Kecamatan Limo dan Cinere. ( Foto : Janet/ Diskominfo)

depok.go.id- Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Depok terus mempercepat terwujudnya Kota Layak Anak (KLA) di Depok. Salah satu upaya DPAPMK dengan mendorong terbentuknya forum anak di tingkat kelurahan.

Kepala Bidang Tumbuh Kembang dan Pengembangan Kota Layak Anak DPAPMK, Yulia Oktavia mengatakan, pihaknya sudah melakukan roadshow ke 11 kecamatan sebagai upaya mendorong pembentukan forum anak di kelurahan. Sebab, dalam upaya percepatan KLA juga harus didukung dengan percepatan kecamatan dan kelurahan yang layak anak.

“Dalam kelembagaan gugus tugas itu harus ada peran forum anak yang mengawal pembangunan berbasis pemenuhan hak anak, baik di kecamatan maupun di kelurahan. Saat ini Kota Depok sudah memiliki enam kelurahan yang memiliki forum anaknya,” jelasnya kepada depok.go.id, belum lama ini.

Dikatakannya, target di 2019 adalah semua kelurahan di Kota Depok sudah memiliki forum anak. Karena itu, diakhir tahun 2018, pihaknya melaksanakan pembentukan forum anak kelurahan di 11 kecamatan.

“Jadi, minimal dua kelurahan di setiap kecamatan memiliki forum anak. Untuk itu, tiap roadshow kami mengikut sertakan forum anak kecamatan agar dapat memperkenalkan tugas mereka,” tuturnya.

Sementara itu, Humas Forum Anak Kecamatan Limo (Forlimo), Rizki Kurniawan menuturkan, pihaknya bersama anggota forum anak lain siap mendukung Depok meraih predikat KLA Utama.

“Tanggal 26 Januari 2019, kita akan bentuk semua forum anak keurahan di Kecamatan Limo. Forlimo mau membuat workshop public speaking di kecamatan yang akan mengundang anak-anak di setiap kelurahan,” pungkasnya.

Penulis : Janet Swastika

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :