Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Ambar Wijajanti. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong terus melakukan berbagai terobosan guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Salah satu terobosan yang dilakukan dengan mengadakan program cek kesehatan calon pengantin bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kota Depok.

“Program ini adalah bagian dari upaya Penundaan Usia Pernikahan & Perencanaan Anak Pertama (PUP) yang diadakan oleh Puskesmas Cilodong. Tujuannya untuk memastikan pasangan calon pengantin yang akan menikah dalam kondisi siap dan sehat,” tutur Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Ambar Wijajanti kepada depok.go.id, Kamis (20/12/18).

Lebih lanjut, ucap Ambar, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan bagi calon pengatin terdiri dari beberapa hal.  Diantaranya cek gizi, cek kesehatan umum,  cek laboratorium dan risiko penyakit menular seksual,  imunisasi TT bagi calon pengantin wanita, dan konseling pra nikah.

“Setelah pemeriksaan kesehatan para calon pangantin akan diberikan sertifikat sebagai bukti pasangan tersebut dalam kondisi sehat,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, program tersebut baru diluncurkan pada awal bulan Desember 2018. Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi agar program cek kesehatan calon pengantin ini dapat diketahui oleh masyarakat.

“Kami sudah sosialisasikan program ini sejak tanggal 1 Desember kemarin dan akan kami massifkan mulai Januari tahun depan, ” tandasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :