Teknologi Informasi dan Komunikasi atau biasa disingkat TIK saat ini sudah digunakan oleh Pemkot Depok dalam melakukan berbagai aktifitas sebagai bukti bahwa program Depok Cyber City bukan hanya wacana kosong saja. Hal tersebut disampaikan oleh kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, M. Fitriawan saat menjadi narasumber dalam seminar Smart City Better Public Service di Balaikota Depok, Sabtu (21/02/2015).

“Kami sudah mulai untuk membuat jaringan konektifitas di OPD, kelurahan, dan kecamatan. Infrastruktur TIK sudah kami gunakan, nantinya kedepan kita akan mengembangkan semuanya baik dari program maupun pelayananya kepada masyarakat Depok,” jelas Fitriawan.

Nantinya data antar unit tidak hanya data saja tapi juga CCTV akan diperbanyak. Fungsi video juga akan diakseskan untuk video conference dari Balaikota ke kelurahan dan kecamatan, sehingga koordinasi antar OPD dapat terlaksana.

“Kita akan perbaiki lagi jaringan yang sudah ada di kelurahan dan kecamatan, karena saat ini jaringan bukan milik pemkot tapi masih dimiliki oleh pihak ketiga,” jelasnya.

Saat ini Pemkot Depok melalui Diskominfo juga sudah memasang 123 titik wifi di 11 kecamatan dan 63 kelurahan. Selain itu titik wifi ini juga dapat ditemui di sepanjang jalan Margonda Raya. Pada tahun ini Pemkot Depok juga akan merambah ke stasium dan terminal untuk pemasangan hot spot wifi ini.

“Ini merupakan akses bagi warga untuk dapat menggunakan internet dan pengaplikasian teknologi,” jelasnya.(Diskominfo/Rysko)

Bagikan post melalui :