akte kelahiran_RSUD

Direktur RSUD Depok, Asloe’ah Madjri menyerahkan secara simbolis akta kelahiran yang sudah jadi kepada Suhendar warga Duren Seribu, Bojongsari yang menggunakan fasilitas pelayanan Akta Kelahiran online. (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id – Program pembuatan akta kelahiran online yang sudah terlebih dahulu digulirkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, kini juga juga sudah bisa diterapkan  di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok. Dengan layanan itu, pasien yang baru saja melahirkan di RSUD Depok, sudah bisa langsung membuat Akta Kelahiran online dengan cepat dan gratis untuk si buah hati.

Direktur RSUD Depok, Asloe’ah Madjri, mengatakan, pihaknya menyambut baik program Disdukcapil Kota Depok dengan membuatkan Akta Kelahiran secara cuma-cuma. Proses yang dilalui dari mulai masuknya berkas sampai terbit Akta Kelahiran pun terbilang cukup cepat. Hanya dengan 2 hari kerja saja bayi yang lahir di RSUD Depok sudah mempunyai Akta Kelahiran. Begitu pun Kartu Keluarga bagi orangtuanya, bisa langsung dibuatkan tanpa menunggu waktu lama.

“Kita bekerjasama dengan Disdukcapil Kota Depok  untuk memudahkan masyarakat yang memang melahirkan di RSUD Kota Depok untuk langsung dibuatkan Akta Kelahiran secara cepat dan gratis. Tentunya ini implementasi perdana yang dilaksanakan RSUD Depok dalam membantu warga fasilitasi pembuatan Akta Kelahiran, dengan syarat tentunya hanya yang ber-KTP Depok saja,” ujar Asloe’ah, Selasa (21/02/2017).

Dirinya berjanji, nantinya setiap pasien yang melahirkan di RSUD Kota Depok, akan langsung dibantu proses pembuatan Akta Kelahiran sang anak. Terlebih, RSUD Depok sendiri sebulan bisa sampai menangani 200 pasien melahirkan.

“Petugas kami saat ini yang menangani input online Akta Kelahiran ini memang baru satu orang, tetapi insya Allah bisa dikerjakan. Namun, kalau sudah tidak dapat tertangani akan ditambah SDM dari bagian yang lain,” ucapnya.

Sementara itu, Suhendar warga RT 1/4, Duren Seribu, Bojongsari, mengaku senang dengan adanya pelayanan Akta Kelahiran online. Berkat layanan itu, anaknya, Nadia Fauziyah, yang lahir pada 14 Februari 2017 lalu, kini sudah memiliki Akta Kelahiran.

“Kita merasa terbantu sekali dari RSUD Depok mau membantu mengurus pembuatan Akta Kelahiran anak dengan cepat dan gratis, karena biasanya mengurus sendiri langsung ke Disdukcapil,” akunya.

Peternak ikan lele ini mengaku, awalnya tidak mengetahui ada program pembuatan Akta Kelahiran online oleh RSUD Depok. Namun, begitu istrinya selesai melahirkan, dirinya langsung difasilitasi pihak RSUD Depok untuk membuat Akta Kelahiran online.

“Begitu ditawarkan saya mau saja, setelah diberitahu persyaratannya saya langsung lengkapi. Ternyata cepat sekali jadinya. Malah ditambah pembuatan Kartu Keluarga juga. Saya sangat berterimakasih sekali ini,” tandasnya saat menemani istrinya kontrol.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor : Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :