Beri Pemaparan DPABLK

BERI PEMAPARAN: Kepala Bidang Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Agus Wiryanto menjelaskan pentingnya peran sekolah dalam terciptanya Depok Kota Layak Anak. (Foto: Janet/Diskominfo)

depok.go.id – Upaya mewujudkan Depok menjadi Kota Layak Anak dibutuhkan infrastruktur yang memadai. Salah satunya, adanya ketersediaan sekolah yang ramah bagi anak sehingga mampu mendukung tumbuh kembangnya anak secara positif.

“Jangan sampai ada temuan kekerasan fisik dan psikis di sekolah. Pengawasan terhadap kesehatan juga penting, dengan kantin yang bersih. Waspada makanan yang mengandung narkoba,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Agus Wiryanto, usai Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Layak Anak yang diadakan Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) di aula lantai 10, Gedung Dibaleka II, Selasa (21/02/2017).

Menurutnya, salah satu kriteria Kota Layak Anak adalah sekolah yang harus ramah terhadap anak, baik sarana prasarana (sapras) dan Sumber Daya Manusia (SDM) guru dan staf sekolah juga menjadi faktor pendukung.

“Salah satu kriteria Kota Layak Anak adalah sekolah itu harus ramah terhadap anak, fasilitas, prasarana sekolah, dan SDM dari guru dan staf sekolah menjadi faktor pendukung,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, untuk menuju Kota Layak Anak dari sisi pendidikan di sekolah juga harus ada pengawasan terkait perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan lainnya. Dengan begitu, anak menjadi lebih nyaman di lingkungan sekolah.

Dikatakannya, kerjasama semua pihak sangat dibutuhkan untuk mencapai Depok Kota Layak Anak. Komitmen sekolah dengan menyediakan sarana dan prasarana yang baik, seperti ruang kreativitas, sarana yang aman, pembuatan jalur evakuasi, toilet yang bersih dan perilaku hidup sehat juga harus jadi perhatian.

Penulis: Janet Swastika
Editor: Dunih dan Rita Nurlita

 

 

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :