farida 21

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Depok, T. Farida Rachmayanti. (Foto: Istimewa)

Depok.go.id – Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Depok,  T. Farida Rachmayanti menilai Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Depok Kota Ramah Lansia sudah masuk dalam daftar Program Pembentukan Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok tahun 2017. Namun, saat ini Naskah Akademik (NA) nya masih dalam peralihan. Raperda itu dirancang guna mewujudkan program Depok Sahabat Lansia.

“Raperda ini merupakan ajuan eksekutif sebagai upaya untuk mengoptimalkan peran Sumber Daya Manusia (SDM) lansia dalam pembangunan,” katanya.

Jumlah lansia yang ada di Kota Depok, sambung Farida, relatif cukup banyak. Sehingga para lansia merupakan potensi yang harus didorong untuk berperan aktif dalam pembangunan.

“Keberhasilan pembangunan di Kota Depok diantaranya tingginya Angka Harapan Hidup sebesar 73 tahun. Artinya jumlah lansia di Kota Depok relatif cukup banyak. Dan mereka adalah bagian masyarakat yang potensial untuk didorong berperan aktif dalam mensukseskan pembangunan,” terangnya.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Depok itu pun mengharapkan, agar program dan kegiatan pembangunan Depok juga harus pro terhadap para lansia. Sehingga mereka dapat berdaya, dan sebaliknya tidak menjadi beban.

“Misalnya Taman Lansia, Puskesmas Ramah Lansia, Balai Kreasi Lansia, Pedestrian yang Ramah Lansia. Fasilitas seperti itu penting untuk dihadirkan bagi kebutuhan mereka,” ujarnya.

Menurutnya saat ini Kota Depok sudah mulai mewujudkan Kota Ramah Lansia. Untuk itu, ia berharap, kedepannya pemerintah dapat melengkapi aspek pendukung lainnya.

“Dari sisi kesehatan, Alhamdulillah, sudah terlihat program mewujudkan Depok Kota Ramah Lansia. Misalnya, kegiatan di Posbindu. Tetapi mungkin dari aspek lainnya masih harus dilengkapi seperti ruang publik yang ramah lansia,” tutupnya.

 

Penulis: Nur Afifah Putri

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :