abdul bari

Pelaku sejarah sekaligus Mantan Ketua Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa Rangkepan Jaya Tahun 1976- 1988 Abdul Bari. (Foto: Janet/Diskominfo)

depok.go.id- Pemberian nama Rangkepan Jaya yang kini berada di Kecamatan Pancoran Mas dapat ditelusuri secara rinci dari pelaku sejarah yang merupakan Mantan Ketua Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa Rangkepan Jaya, tahun 1976- 1988, Abdul Bari yang bertempat tinggal di RT 002, RW 005, Nomor 17, Kekupu.

“Awal mula nama Rangkepan Jaya muncul dari seorang guru SD di Parung Bingung bernama Sutomo yang mengusulkan pada musyawarah warga di sebuah rumah Ibu Hj. Sarah orang tua dari Bapak H. Saprin yang menjadi kepala Desa terpilih. Jadi Rangkepan Jaya menyangkut pembentukan wilayah (desa) baru, yang merupakan gabungan dari tiga desa, yakni Rawa Denok (termasuk Kampung Pulo), Kekupu (termasuk Kampung Pitara) dan Parung Bingung (termasuk Kampung Grogol),” tuturnya

Dikatakannya, Rangkepan Jaya terdiri dari gabungan Rawa Denok dari Ra, Kekupu dari Ke , Parung Bingung dari Pa. Adapun tambahan kata Jaya berasal dari cita-cita desa tersebut agar menjadi daerah yang maju dan sejahtera ke depannya.

Lebih lanjut, Abdul Bari menuturkan, saat itu pemuda di Rangkepan Jaya unggul diberbagai kegiatan olahraga, seperti bola kasti Kota Depok dari  Ikatan guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) yang  menjuarai pertandingan tingkat nasional. Tak hanya itu, Rangkepan Jaya juga mempunyai banyak persatuan sepakbola yang bagus di eranya.

“Pemuda di Rangkepan Jaya tergabung dalam banyak persatuan sepakbola (PS) Satuan Muda  Desa Rangkepan Jaya (Samudra Jaya). Antara lain PS Setia Kawan, PS Fajar Putera, PS HW Hizbul Wathan, PS Kubra dan lain-lain. Masyarakat disatukan dalam pertandingan bola antar desa,” terangnya.

Abdul Bari yang dulu aktif dalam organisasi pramuka juga mengatakan dari dulu Kota  Depok memang unggul dengan sumber daya manusia dalam segala bidang. Diharapkan, pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Depok ke-18 tahun, nantinya terus berjaya dan segera memiliki Gelanggang Olahraga (GOR) yang representatif.

“Jadi sebagai warga Depok, saya mengucapkan selamat HUT Kota Depok, semakin jaya dan sukses dalam kepemimpinan Wali Kota, Mohammad Idris dan Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna,” tandasnya.

Penulis: Janet Swastika

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :