jahe merahdepok.go.id- Tanaman jahe merah memang sudah dikenal memiliki banyak khasiat dan baik untuk kesehatan. Dengan khasiat itu, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok yaitu UMKM Sirup Jahe Merah Sandi menjadikan sirup berbahan dasar jahe merah sebagai produknya.

Pemilik UMKM Sirup Jahe Merah Sandi, Ani Setyorini mengatakan, dirinya menjadi satu-satunya pemilik usaha di Depok yang memproduksi sirup jahe merah. Warga Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos tersebut memulai usahanya pada tahun 2015.

“Awalnya karena suami suka, jadi dibuat untuk konsumsi sendiri. Namun, akhirnya didorong agar pemasarannya dapat secara luas, karena banyak yang suka dan memesan,” katanya kepada depok.go.id, Jumat (21/04/2017).

Menurutnya, sirup jahe merah produksinya tidak menggunakan pemanis buatan maupun pengawet. Sehingga sirup jahe merah tidak diproduksi secara massal setiap hari, melainkan berdasarkan pemesanan.

“Kami tidak menggunakan bahan pengawet karena itu masa kadaluarsanya cepat. Sehingga kami memproduksi sesuai jumlah pesanan saja,” tuturnya.

Selama ini, sambung Ani, dirinya merasa terbantu dengan berbagai fasilitas yang diberikan Pemerintah Kota khususnya DKUM Depok. Misalnya saja pelatihan kemasan, pelatihan manajemen keuangan maupun penyediaan fasilitas stand-stand bazar untuk berjualan.

“Setelah bergabung dengan pemerintah, maka usaha saya semakin berkembang. Omzet setiap bulan dari penjualan sirup jahe merah sekarang mencapai Rp. 10 juta,” ucapnya.

Ani berharap, agar pemerintah tetap membina dan membantu mengembangkan usaha serta memperluas pemasaran produknya. Selain itu, berharap semakin banyak warga Depok yang juga turut membuka usaha sepertinya.

“Lebih bagus lagi kalau berjualan produk yang bermanfaat. Seperti untuk kesehatan atau apapun. Berjualan sambil ibadah, jadi selain mendapatkan untung, kita juga mendapat pahala karena membantu orang lain,” pungkasnya.

Penulis: Nur Afifah

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :