lkss

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatnamenyambut tim penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional. (Foto : Agus/Diskominfo)

depok.go.id – Taman Kanak-kanak (TK) Ar Rahman Islamic School, Cinere, yang mewakili Jawa Barat berpeluang untuk menang dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional. Peluang untuk menang memang terbuka lebar, asalkan beberapa syarat yang jadi penilaian juri dapat terpenuhi.

Untuk dapat meraih kejayaan di ajang LSS ini, Ketua Tim Penilai, Jannah, sudah menentukan beberapa poin yang akan menjadi pedoman dalam melakukan penilaian di sejumlah sekolah yang terlibat. Dengan begitu, pihaknya tidak kesulitan dalam memilih sekolah mana yang akan mendapat predikat sebagai sekolah sehat.

“Kami menilai dan mencari kelebihan ,serta sesuatu yang unggul dari sekolah yang mengikuti lomba ini, sehingga nantinya dapat menjadi contoh bagi sekolah lainnya di Indonesia,” ujar Jannah, yang sehari-hari bertugas di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jumat (21/04/2017).

Ia menyebut, unsur-unsur yang menjadi patokan dalam penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional yaitu, ketersediaan sarana dan prasarana. Termasuk sarana Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana sesuai standar yang diperlukan. Selanjutnya, penilaian yang dilakukan yaitu sejauhmana sekolah memprogramkan UKS yang kemudian dilaksanakan para siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Unsur penilaian terakhir yaitu bagaimana perilaku siswa dengan adanya penerapan program UKS di sekolah. Menurutnya, UKS harus mampu memberikan dan mendidik siswa untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), yang selanjutnya dapat menjadi budaya yang bisa diterapkan di lingkungan rumah maupun masyarakat.

“Semoga dengan ajang LSS ini anak-anak di TK Arrahman akan semakin terbiasa dalam menjaga kebersihan dan kesehatan, hingga memiliki Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumahnya sendiri,” pungkasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :