produk umkm

Produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Kota Depok. (Foto : Rysko/Diskominfo)

depok.go.id – Kegiatan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Kota Depok, tidak hanya mampu membuat kaum ibu jadi mandiri. Tapi, juga sudah menghasilkan produk yang mampu bersaing dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bahkan, produk UP2K jadi primadona saat acara Festival UMKM Kota Depok yang digelar di Balaikota Depok.

“Kita jajakan kuliner dan kerajinan, ini merupakan hasil produksi dari tiap kecamatan,” ujar  Sekretaris Pokja II TP PKK Kota Depok, Rina Nurbaeti, Jumat (21/04/2017).

Dirinya mengatakan, untuk hari pertama bazar Kamis (20/04/2017) kemarin, produk yang banyak dibeli oleh pengunjung adalah jilbab dan mukena. Selain itu, rujak cireng juga menjadi produk yang dicari oleh pengunjung. Dirinya juga menjamin produk yang dijual sudah memiliki aspek legalitas seperti Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan memiliki logo halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), sehingga pengunjung tidak perlu khawatir atas keamanan produk.

“Tidak perlu khawatir, pengunjung silakan membeli di bazar kami,” ucapnya.

Dirinya menjelaskan, untuk produk kuliner yang dijajakan antara lain, bakso dari Kecamatan Bojonggsari, stik ubi ungu dari Kecamatan Pancoran Mas, keripik kimpul dari Kecamatan Cimanggis, dan keripik tempe dari Kecamatan Cinere. Sementara untuk produk kerajinan merupakan hasil produksi dari Kecamatan Pancoran Mas.

Rina juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Depok, khususnya kepada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) yang telah mengadakan kegiatan Festival UMKM ini. Menurutnya ini adalah ajang untuk mengenalkan produk UP2K di tiap kecamatan, dengan harapan bisa menambah penghasilan warga setempat.

“UP2K ini ada di tiap TP PKK kelurahan, sebagai program pemberdayaan ekonomi keluarga, yang nantinya turut berimbas pada ketahanan keluarga peserta UP2K ini,” pungkasnya.

produk umkm_2

Sekretaris Pokja II TP PKK Kota Depok, Rina Nurbaeti (kanan) berada di stan UP2K PKK Kota Depok. (Foto : Rysko/Diskominfo)

Penulis: Rysko

Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :