Kepala UPF Baktijaya (tengah) beserta Kepala Dinkes Kota Depok dan Kepala DPAPMK Kota Depok berfoto bersama anak yang diwisuda imunisasi. (Deni/Diskominfo)

depok.go.id-Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Baktijaya hari ini melaksanakan wisuda imunisasi. Sebanyak 87 anak di bawah lima tahun (balita) se-Kelurahan Baktijaya yang telah melengkapi imunisasi dasar, diberi medali dan sertifikat.

Kepala UPF Baktijaya, Anita Rahmawati merinci, jumlah balita sebanyak itu dari 29 Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Masing-masing Posyandu mengirim tiga balita.

“Alhamdulillah, kegiatan perdana ini kita mewisuda sekitar 87 balita. Mudah-mudahan ke depan jumlahnya terus meningkat,” ujarnya, kepada depok.go.id, Minggu (21/04/2019).

Dikatakannya, imunisasi dasar terdiri dari beberapa jenis vaksin. Di antaranya, Hepatitis B, Bacillus Calmette-Guérin (BCG), Polio (bOPV) 1, DPT-HB-Hib 1, Polio (bOPV) 2, DPT-HB-Hib 2, Polio (bOPV) 3, DPT-HB-Hib 3, Polio 4, Inactivated Polio Vaccine (IPV), Measles and Rubella (MR), DPT-HB-Hib 4, dan MR lanjutan.

Kegiatan wisuda imunisasi ini diapresiasi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita. Menurutnya, anak yang diberikan imunisasi lengkap dapat terhindar dari berbagai penyakit menular. Seperti, tuberkulosis (TBC), campak, polio, dan difteri.

Selain itu, melakukan imunisasi juga berdampak positif bagi lingkungan sekitar. Apabila 80 persen dari satu wilayah, anak-anaknya sudah terimunisasi, kata Novarita, akan melindungi anak-anak yang tidak diimunisasi.

“Jadi kegiatan seperti ini tentu sangat baik, untuk mendorong para orang tua, mawas terhadap imunisasi,” ucapnya.

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :