Kepala DPAPMK Kota Depok memberikan medali dan sertifikat Wisuda Imunisasi kepada seorang anak. (Deni/Diskominfo)

depok.go.id-Kegiatan wisuda imunisasi yang hari ini diinisiasi UPF Puskesmas Baktijaya mendapatkan apresiasi dari Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Annisa Handari. Menurutnya, program tersebut dinilai sebagai inovasi untuk memotivasi para orang tua agar memberikan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) bagi anak-anaknya.

“IDL sebagai bagian dari memenuhi hak anak di bidang kesehatan. Upaya ini merupakan bagian dari mewujudkan Depok Kota Layak Anak (KLA),” kata Nessi Annisa Handari kepada depok.go.id, Minggu (21/04/2019).

Dikatakannya, tumbuh kembang anak tidak hanya dipengaruhi oleh terpenuhinya nutrisi atau pengasuhan anak yang optimal. Akan tetapi, katanya, mencakup kesadaran orang tua memberikan imunisasi kepada anak-anaknya.

“Pemberian imunisasi merupakan hal yang sangat penting. Karena setelah diimunisasi, ketahanan tubuh anak menjadi lebih kuat. Mudah-mudahan dapat mencegah mereka dari penyakit menular, sehingga mereka tumbuh menjadi anak generasi emas,” ujarnya.

Dijelaskannya, pemberian imunisasi yang intensif juga merupakan wujud Kota Depok menuju KLA. Hal tersebut dikarenakan, KLA merupakan sebuah kota yang memiliki sistem pembangunan yang berbasis hak-hak anak. Salah satunya, sambung Nessi, pemenuhan hak dasar anak dari aspek kesehatan.

“Kami mengajak orang tua agar memberikan imunisasi dasar kepada anak-anaknya. Jangan melewatkan jadwal imunisasi di Posyandu,” ucapnya.

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Dunih

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :