depok.go.id – Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk mengisi bulan suci Ramadhan. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat berupa kegiatan yang bersifat ibadah pribadi, maupun kegiatan-kegiatan sosial. Adalah Pokja 1 TP PKK Kota Depok yang juga turut mengisi Ramadhan kali ini dengan memfasilitasi kegiatan pesantren kilat di lokasi Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS), Kelurahan Cipayung.

Acara yang mengusung tema “Dengan Pesantren Kilat Kita Wujudkan Remaja Berkualitas” ini diikuti oleh sekitar 100 peserta. Para peserta tersebut terdiri dari 40 kaum ibu yang tergabung dalam kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR), 30 remaja putra, dan 30 remaja putri yang bertempat tinggal di sekitar RW 07, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Depok.

“Pesantren kilat yang kami gelar untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt khususnya di kalangan remaja,” ujar Nurbaiti, ketua panitia sekaligus Sekretaris PKK Kecamatan Cipayung, Minggu (21/06/2015)

Pesantren kilat yang diadakan di Masjid Al Barkah ini berlangsung selama 1 hari penuh dengan pemateri dari ketua TP PKK Kota Depok, Nur Azizah Tamhid, dan pemateri kedua dari salah satu mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah yang juga seorang hafidz Al-Quran, yaitu Ash Shiddiq.

Sementara itu, Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il yang membuka kegiatan pesantren kilat tersebut berharap bahwa dalam program P2WKSS ini para 100 Kepala Keluarga (KK) binaan dapat menjadi wanita yang menjadi soko guru atau pendorong dalam terciptanya keluarga yang sehat dan sejahtera.

“Seorang wanita harus menjadi orangtua serta sebagai guru bagi anak-anak di rumah, membimbing dan mendidik mereka agar senantiasa menjadi anak yang sholeh dan sholehah,” ujar pencetus program One Day No Rice (ODNR) ini.

Selain itu, alumni IPB ini juga menekankan perlunya menjaga kesehatan tubuh. Adapun beberapa kategori kesehatan yang dimaksud orang nomor satu Kota Belimbing ini, di antaranya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), tidak merokok, mempunyai jamban sehat, serta menjaga asupan makan buah dan sayur agar tubuh senantiasa sehat dan bugar. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

 

Bagikan post melalui :