Sejumlah pelajar kelas IV SDN Anyelir 1, yang tergabung dalam ekskul hidroponik sedang belajar menanam bayam dengan memanfaatkan pipa paralon bekas. (Istimewa)

depok.go.id – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Anyelir 1 yang berada di Kecamatan Pancoran Mas memiliki cara unik dalam menanamkan cinta lingkungan kepada anak didiknya. Pihak sekolah mengagas ekstrakulikuler (ekskul) hidroponik bagi siswanya.

Kepala SDN Anyelir 1, Sri Suparni mengatakan, ekskul hidroponik digagas sekitar Juli 2019, namun baru aktif kegiatannya pada awal Agustus tahun ini. Ekskul tersebut, diikuti para pelajar yang duduk di kelas IV dan V.

“Kami ingin memberikan pengalaman lebih pada anak-anak tentang tanaman. Bukan hanya mengetahui nama-namanya saja. Tetapi terlibat aktif dalam menanam atau merawat tanaman,” katanya di ruang kerjanya, Rabu (21/08/2019).

Tidak seperti ekskul lainnya, konsep dari ekskul hidroponik ini pun cukup unik. Selain anggotanya sekitar 20 orang dari setiap kelas, kegiatan ekskul juga berdasarkan proyek penanamannya, hanya mulai dari pembibitan hingga panen.

Setelah panen, ucap Sri, sapaannya, berlanjut ke kelas lain dengan proyek penanaman yang berbeda. Bulan ini, pihaknya mengajarkan anak-anak kelas IV A cara menanam bayam memanfaatkan pipa paralon yang ada di depan halaman sekolah.

“Melalui kegiatan yang kami gelar di luar jam pelajaran, para siswa selain dididik mencintai lingkungan, juga mengajarkan kedisiplinan karena menanam ini butuh proses yang melatih kesabaran mereka,” pungkasnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :