flyover markaswangidepok.go.id – Proses Detail Enginering Design (DED) pembangunan fly over Markaswangi yang meliputi Jalan Margonda – Jalan Kartini – Jalan Dewi Sartika – Jalan Siliwangi saat ini sudah ada pemenang lelangnya. Adapun yang memenangkan lelang adalah PT Butari. Pembuatan DED tersebut nantinya membutuhkan anggaran sebesar Rp 350 juta.

“Untuk DED dananya sebesar 350 juta, sedangkan perkiraan pembangunan fisiknya mencapai 700 miliar, itupun baru perkiraan saja bisa lebih atau kurang,” ujar Kepala Bidang Jalan dan Lingkungan Bimasda Kota Depok, Hardiman.

Hardiman mengatakan bahwa dana untuk fly over Markaswangi saat ini belum terkumpul, nanti setelah DED sudah rampung selanjutnya akan diserahkan ke Kementerian PU untuk diperiksa. Jika disetujui, maka prosesnya bisa dilakukan dan pengumpulan anggaran dapat segera dilaksanakan.

“Selain itu juga ada dana untuk pembebasan lahan, total anggaran yang kami siapkan sekitar 1,1 triliun untuk pembebasan lahan ini,” jelasnya.

Ada lima lokasi yang akan dilakukan pembebasan lahan untuk pelebaran jalan, yakni Jalan Raya Cinere Rp 10 miliar, Gang Nangka di Jalan Raya Bogor awalnya Rp 6,4 miliar tetapi ditambah menjadi Rp 20 miliar, Jalan Adi Karya Rp 5,4 miliar, Jalan Raden Saleh Rp 6,4 miliar, dan Jalan Kemakmuran Rp 5,6 miliar.

“Memang butuh waktu yang panjang, kami menargetkan lima tahun akan selesai baik pembebasan lahan dan juga pembangunan fisiknya,” jelas Hardiman. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :