perpustakaan al kahfidepok.go.id – Bermula dari kesenangannya mengoleksi buku, Taufik Anwar diam-diam tumbuh keinginan dalam dirinya untuk berbagi koleksi buku yang ia miliki. Menurutnya, dengan menularkan bacaan miliknya kepada orang-orang di sekitarnya akan dapat meningkatkan budaya membaca di tengah masyarakat.

Warga Komplek Lemigas, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo ini mendirikan ‘Pustaka Al Kahfi’, yaitu sebuah Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang memiliki motto “Gemar Membaca Mencerdaskan Bangsa”. TBM Pustaka Al Kahfi selain mewadahi masyarakat yang ingin nyaman untuk membaca buku, majalah, koran, atau buletin sewaktu-waktu juga mengadakan bimbingan belajar bagi siswa-siswi kelas akhir yang sedang mempersiapkan ujian akhir.

“TBM Pustaka Al Kahfi ini kami dirikan untuk mewadahi warga Limo agar dapat meningkatkan budaya baca di semua kalangan,” ujar Taufik.

Dalam kesehariannya, Taufik berkeliling komplek Lemigas menggunakan gerobaknya membawa buku dan majalah yang beragam. Ia tidak memungut biaya sama sekali apabila ada warga atau pelajar yang ingin membaca koleksi bukunya.

Selain berkeliling menggunakan gerobak perpustakaan keliling, Taufik juga membuka pelayanan TBM Pustaka Al Kahfi di rumah yang berlamat di Komplek Lemigas Blok I No.. 10, Meruyung, Limo. Meskipun koleksi bukunya sudah hampir memenuhi rumahnya, namun dirinya masih membuka kesempatan bagi para donatur yang ingin memberikan buku yang sudah tidak terpakai untuk dirawat olehnya.

“Alhamdulillah  koleksi buku di rumah sudah banyak bahkan sampai-sampai rumah saya penuh dengan buku, tetapi apabila ada donatur yang berbaik hari menyumbangkan buku atau sejenisnya saya masih terima dengan tangan terbuka,” pungkas pensiunan salah satu bank terkemuka tersebut. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :