Ibu Kaniadepok.go.id – Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kota Depok, Kania Purwanti menegaskan untuk bangunan di sepanjang Jalan Margonda Raya yang belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) saat ini sudah diberikan Surat Peringatan (SP). SP ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pemilik bangunan untuk mengurus IMB agar menaati peraturan yang berlaku sesuai dengan Perwal Depok No 12 Tahun 2015 tentang Izin Mendirikan Bangunan.

Berdasarkan total 652 bangunan yang ada di sepanjang Jalan Margonda Raya, sekitar 261 bangunan tidak memiliki IMB, sedangkan 391 bangunan sudah memiliki IMB.

“Kami berikan SP, selain itu juga kami terus berikan sosialisasi tentang pembuatan IMB” ujar Kania.

Kania mengatakan bahwa pihaknya akan menjalankan sesuai prosedur. Ia mengungkapkan, bagi pemilik bangunan yang tidak taat aturan pasti diberikan peringatan hingga sanksi tegas, yaitu berupa pembongkaran bangunan. Ketika SP sudah diberikan, pihak Distarkim akan menunggu itikad baik dari pemilik bangunan. Akan tetapi, jika sampai SP 3, pihak pemilik bangunan tidak menggubris, maka pelimpahan langsung ke Satpol PP.

“Alasan mereka tidak membuat IMB cukup banyak, makanya kami juga terus berikan sosialisasi tentang pentingnya membuat IMB dan juga tata cara pembuatan IMB,” tambah Kania.

Pemilik bangunan yang tidak memiliki IMB sangat beragam alasannya. Ada yang beralasan sudah dari membeli bangunannya tidak ada IMB, serta ada juga yang karena belum memiliki waktu hingga tidak tahu tata cara pembuatan. Menanggapi hal tersebut, pihak Distarkim Kota Depok tetap memberikan SP dan sosialisasi dalam mengurus IMB.

Perlu diketahui, Jalan Margonda Raya sendiri terbagi menjadi dua koridor, di mana satu koridor dibagi menjadi dua ruas, yaitu kiri dan kanan. Koridor 1 dengan ruas kiri mulai dari Jalan Ramanda sampai Jalan Juanda (Kelurahan Kemiri Muka) dengan jumlah bangunan 156, di mana 114 bangunan sudah memiliki IMB, dan 42 bangunan belum memiliki IMB. Sementara untuk ruas kanan mulai dari Jalan Juanda sampai BSI (Kelurahan Pondok Cina) dengan jumlah bangunan 162, di mana sebanyak 85 bangunan sudah memiliki IMB, dan 77 bangunan belum memiliki IMB.

Lebih lanjut, untuk Koridor 2 dengan ruas kanan mulai dari Jalan Ramanda sampai Jalan Juanda (Kelurahan Kemiri Muka) dengan jumlah bangunan 126, di mana 98 bangunan sudah memiliki IMB, dan 28 bangunan belum memiliki IMB. Sementara untuk ruas kiri mulai dari Jalan Juanda sampai Pondok Janati (Kelurahan Pondok Cina) dengan jumlah bangunan 208, di mana 94 bangunan sudah memiliki IMB, dan 114 bangunan belum memiliki IMB.

“Margonda itu kan jantungnya Kota Depok, jadi diharapkan para pemilik bangunan dapat tertib administrasi,” tutup kania. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :