depok.go.id- Kecamatan Cimanggis terus mengoptimalkan program Kota Layak Anak (KLA). Sebagai bentuk dukungan tersebut, Kecamatan Cimanggis menjalankan berbagai program pemerintahan yang memenuhi lima kluster gugus tugas layak anak.
Camat Cimanggis, Eman Hidayat mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan elemen terkait terhadap pemenuhan Lima kluster pada program yang dijalankannya. Seperti koordinasi dengan puskesmas, sekolah, pihak kelurahan dan PKK untuk terus mendukung program KLA di Cimanggis.
“Supaya semua program dapat optimal maka dibutuhkan peran dari puskesmas, sekolah, kelurahan dan PKK. Hingga kini, untuk di Cimanggis seluruh elemen terus memberikan dukungan untuk program KLA,” tutur Eman, sapaannya kepada depok.go.id, belum lama ini.
Menurutnya, pada kluster pertama adalah pemenuhan hak sipil dan kebebasan dengan memberikan kemudahan pada anak dalam mendapatkan akta kelahiran dan kartu identitas anak. Kemudian, kluster kedua adalah hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif dengan program parenting dan conseling.
Selanjutnya, pada kluster ketiga adalah kesehatan dengan program penyuluhan bahaya narkoba/HIV dan pembinaan posyandu remaja. Sedangkan, untuk cluster keempat adalah pendidikan, program yang dilakukan dengan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan sosial dengan adanya program pelatihan konvensi hak anak dan sosialisasi kawasan tanpa rokok.
Untuk kluster kelima adalah hak perlindungan khusus dengan program memfasilitasi terhadap anak-anak yang terancam keamanannya.
“Semoga semua upaya dan program yang kami lakukan dapat menyukseskan program KLA di Kecamatan Cimanggis, selain itu juga seluruh pemenuhan hak anak dapat terpenuhi dengan baik,” pungkasnya.
Penulis : Indri Purnama
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo
Bagikan post melalui :