Kabid Kearsipan Diskarpus Depok, Eneng Sugiarti saat berada di salah satu tempat pelayanan Sipling. (Istimewa)

depok.go.id – Membangun kesadaran dalam pengelolaan kearsipan mulai digencarkan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok. Melalui layanan Arsip Keliling (Sipling), Diskarpus terjun langsung ke sekolah dan masyarakat guna membantu digitalisasi berbagai arsip vital yang ada.

Kepala Bidang Kearsipan Diskarpus Kota Depok, Eneng Sugiarti mengatakan, dari target 30 tempat yang dikunjungi saat ini sudah empat yang terealisasi. Keempat tempat itu yakni SDN Sawangan 02, SDN Sawangan 05, SDN Duren Seribu 04, serta SDN Pondok Petir.

“Yang paling pokok tujuan kami membantu masyarakat untuk proses digitalisasi arsip vital, tahun ini 50 SDN yang kami datangi. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau ada masyarakat yang ingin arsip vitalnya didigitalisasi akan kami layani,” ujar Eneng, dijumpai di ruang kerjanya, Jumat (21/09/2019).

Ditambahkannya dari hasil digitalisasi nanti, hasilnya akan diberikan dalam bentuk Compact Disk (CD) arsip yang sudah dipindai. Meskipun begitu, ada juga masyarakat yang meminta disimpan dalam media penyimpanan yang dibawanya sendiri.

“Kami memberikan dalam bentuk CD, tetapi ada juga yang memberi kami harddisk eksternal milik pribadi untuk back up data mereka. Itu juga akan kami layani,” imbuhnya.

Dikatakan eneng, mobil Sipling ini juga melayani berbagai arsip vital yang dimiliki pihak sekolah yang didatangi. Seperti Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN), buku induk sekolah, atau pun arsip tanah sekolah.

“Sedangkan untuk masyarakat umum digitalisasi berupa dokumen pribadi seperti ijazah, KTP, KK, buku nikah, Akta Kelahiran, hingga paspor. Nah, itu nanti bisa diberikan pada kami untuk kami rapikan arsipnya,” pungkasnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :