UKSdepok.go.id – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Haraki yang mewakili Kota Depok pada lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Jawa Barat optimis raih juara pertama. Hal tersebut diutarakan oleh Khairullah selaku Kepala Sekolah SDIT Al Haraki saat audiensi dengan Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad, Rabu (21/10/2015).

“Di samping kriteria penilaian yang sudah diatur, kami juga memiliki beberapa keunggulan yang lain, seperti adanya green house dan macam-macam edukasi kesehatan pada siswa didik,” ujar Khairullah,

SDIT Al Haraki memiliki sebuah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dinamakan green house. Di lahan yang cukup lebar itu terdapat bermacam-macam tanaman, mulai dari tanaman buah, Tanaman Obat Keluarga (Toga), tanaman hias, hingga sayur-sayuran ada di sana. Selain itu, keunggulan lainnya, yakni di SDIT Al Haraki memberikan banyak edukasi kesehatan kepada murid-murid misalnya, seperti cara cuci tangan yang baik dan benar, sosialisasi zat-zat makanan yang berbahaya, dan menambah pengetahuan siswa seputar kesehatan organ telinga.

“Selain dua hal tersebut, di dalam kelas yang ada di SDIT Al Haraki tidak ada yang menggunakan pendingin ruangan (AC), semuanya menggunakan AC alami. Kesegaran udara yang ada di dalam kelas, didapat dari pepohonan yang ada di green house,” tandas Khairullah.

Beberapa hal tersebut merupakan keunggulan yang dimiliki oleh SDIT Al Haraki untuk menghadapi lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Jawa Barat. Adapun kriteria-kriteria umum yang menjadi penilaian, seperti kebersihan, lingkungan, serta sarana prasarana Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

“Kami optimis meraih juara, namun jika tidak menang juga tidak apa-apa, yang lebih penting adalah membangun karakter yang sehat dalam diri siswa dan agar siswa juga bisa mengajarkan hidup sehat kepada lingkungannya,” tutupnya. (Nurul Hasanah/Ed: Faizal Satrio – Diskominfo)

Bagikan post melalui :