UKSdepok.go.id – Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad, mengimbau kepada sekolah yang ada di Kota Depok untuk tetap berusaha mengoptimalkan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) terutama di tingkat sekolah dasar (SD).

“Dalam UKS dikenal dengan yang namanya ‘Trias UKS’ dalam usaha pengoptimalan UKS tingkat SD di Kota Depok,” ujar Idris saat menerima audiensi SDIT Al Haraki yang akan mengikuti lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Jawa Barat, Rabu (21/10/2015).

Trias UKS tersebut memberikan pendidikan kesehatan di SD, memberikan pelayanan kesehatan di sekolah, dan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.

Sementara mengenai pelayanan kesehatan di sekolah dibagi tiga pelaku, yakni pelayanan yang dilakukan oleh dokter kecil, guru UKS yang sudah dilatih, dan murid kelas empat atau kelas lima.

Idris mengungkapkan, pendidikan yang diajarkan di UKS sangat sederhana, tetapi cukup membantu untuk pencegahan. Misalnya mengobati luka ringan, pingsan, pusing, dan mual.

“SDIT Al Haraki ini sudah sangat bagus dalam pengembangan dan pendidikan kesehatan bagi murid-murid yang ada di sekolahnya,” imbuh Kiai alumni Pondok Pesantren Gontor tersebut.

Sementara upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, Idris menyontohkan dengan mencakup dalam ruang kelas, seperti kebersihan lemari, laci, meja dan lantai, kemudian halaman sekolah termasuk pedagang yang berjualan di luar sekolah.

“Mudah-mudahan dengan diaktifkannya UKS di tiap sekolah nantinya anak-anak di Kota Depok akan menjadi anak yang sehat, bugar, bahagia, dan sejahtera,” tutup Pembina UKS Kota Depok ini. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :